PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Hanif Rafika Putri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Soetjipto Soetjipto Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p942-948

Keywords:

Learning material, guided inquiry, Mind Mapping, Comprehension of Concept, Creative Thinking

Abstract

Creative thinking required to be facilitated to students in order they are ready to face the challenge in the future which will be more complicated. The student need to motivated to think divergently, including aspects of originality (authentic, uniqueness idea), fluency (continuity of expressing idea), flexibility (capability to expressing different idea), and elaboration (giving explanation toward created idea). This research aimed to develop integrated science learning materials with scientific approach which feseable to facilitate creative thinking skill of grad VII junior high school. This research is development research, that is developing integrated science learning materials with subject Global Warming including (Syllabus, Lesson Plan, Student Work Sheet, Student Text Book, and creative thinking capability test), by using 4D development model. Target of this research is learning instrument which tested on 35 graders VII junior high school with plan One-Group Pretest-Posttest Design. Data analysis using descriptive qualitative resulting: (a) validation of learning instrument with category valid and very valid; (b) learning realization with good category; (c) positive student response; (d) student creative thinking capability is trained (posttest score 71 which meant creative with N-Gain 0.78). The indicators of creative thinking skill wich get the most significant increase are fluency and flexibility. Elaboration and originality are indicators which have a low increasing score between the pre test and post test. Its because the student mostly are not able to connect their own concept to make the idea clearer and they only focus on the ideas in the book, therefore almost all of their ideas are just the same. The conclusion of this research is that the integrated science learning instrument with subject of Global Warming is proper to be used to facilitate creative thinking skill.

 

Kemampuan berpikir kreatif perlu dilatihkan kepada siswa agar mereka siap menghadapi tantangan pada masa mendatang yang semakin sulit. Siswa perlu didorong untuk berpikir divergen, yang mencakup aspek originality (keaslian, keunikan ide), fluency (kelancaran dalam mengungkapkan ide), flexibility (kemampuan mengungkapkan ide yang berbeda), dan elaboration (pemberian detail dan penjelasan pada ide yang dibuat). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terintegrasi dengan pendekatan saintifik yang layak untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yakni mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terintegrasi materi Pemanasan Global meliputi (silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku ajar Siswa (BAS), serta tes kemampuan berpikir kreatif), dengan menggunakan model pengembangan 4D. Sasaran penelitian adalah perangkat pembelajaran yang diuji cobakan pada 35 siswa SMP kelas VII dengan rancangan One-Group Pre test-Post test Design. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan hasil: (a) Validasi perangkat pembelajaran dengan kategori valid dan sangat valid; (b) Keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori baik; (c) Respon siswa positif; (d) Kemampuan berpikir kreatif siswa secara umum terlatih (skor post test 71 yang berarti siswa mencapai kriteria kreatif dengan N-gain 0,78). Indikator kemampuan berpikir kreatif yang mengalami peningkatan paling signifikan antara pre test dan post test adalah aspek kelancaran (fluency) dan fleksibilitas (flexibility). Indikator elaborasi (elaboration) dan keaslian (originality) merupakan indikator yang memiliki peningkatan rendah antara pre test dan pos test, karena masih banyak siswa yang belum bisa menghubungkan konsep yang mereka miliki untuk memperjelas ide dan siswa terpaku oleh beberapa hal yang dijelaskan di buku siswa mengenai cara mengatasi permasalahan dalam materi pemanasan global, sehingga ide mereka banyak yang sama. Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA terintegrasi materi Pemanasan Global layak digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Putri, H. R., Ibrahim, M., & Soetjipto, S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 942–948. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p942-948

Issue

Section

Articles
Abstract views: 543 , PDF Downloads: 1120