PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN SATU ATAP

Authors

  • Eko Sulistyawan SMPN 4 Singosari Satu Atap Malang
  • Endang Susantini Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Univesrtitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Univesrtitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p867-873

Keywords:

Development of Learning Materials, Guided Inquiry, Learning Interest, Character of Environmental Cares

Abstract

This research aims to produce a quality guided inquiry-based learning materials to foster learning interest and learning outcomes to the student of SMPN Satu Atap. The  quality was obtained by the description of validity, practicality and effectiveness of the learning material. This research is classified as development research, which develops the lesson plan, students worksheets, students textbook, assessment and questionnaires. The learning materials development use the design of 4-D models. The trial of developed learning materials was done to the students of 7B SMPN 4 Singosari Satu Atap by using one group pretest posttest design.  The validity of lesson plan, students worksheets, students textbook, assessment and questionnaires by two experts categorized as valid and feasible to be used with a little of revision. The implementation of lesson plans and guided inquiry learning phases categorized as good enough to phase I and II and good to phase II, IV and V. The effectiveness of application of guided inquiry-based learning materials have shown by increasing percentage of students learning interest from 44,55% to 84,20% and learning outcomes from 8% to 100%.

 

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang layak untuk menumbuhkan minat dan hasil belajar siswa SMPN Satu Atap. Kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh dari deskripsi validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran.Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku Ajar Siswa (BAS), instrumen penilaian dan angket minat belajar siswa. Pengembangan perangkat mengikuti rancangan model 4-D.  Perangkat  pembelajaran yang telah dikembangkan diuji coba pada siswa kelas 7B SMPN 4 Singosari Satu Atap dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design.Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh dua orang pakar menunjukkan bahwa RPP, LKS, BAS, instrumen penilaian dan angket minat belajar berkategori valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori baik. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terlaksana cukup baik pada fase I dan II (merumuskan pertanyaan dan hipotesis), serta terlaksana dengan baik pada fase III, IV dan V (merancang & melakukan percobaan, mengumpulkan & menganalisis data dan menarik kesimpulan). Keefektifan perangkat pembelajaran dapat diketahui dari tumbuhnya minat belajar siswa dari 44,55% menjadi 84,20%  serta peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 8% menjadi 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-30

How to Cite

Sulistyawan, E., Susantini, E., & Indana, S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN SATU ATAP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 867–873. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p867-873

Issue

Section

Articles
Abstract views: 284 , PDF Downloads: 481