PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL NESTED UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN MENGORGANISIR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR PADA MATERI KALOR

Authors

  • Hidayat Sapari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Thamrin Hidayat Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p753-763

Keywords:

Nested Model, Understanding Of Concepts, Thinking Skills, Organizing Skills, And Heat Concepts.

Abstract

This study aims to develop an integrated science learning material of Nested model to improve concepts understanding, organizing skills, and thinking skills of students on heat concepts. This development model use Kemps model and tested to students at grade 7th of SMP Negeri 19 Samarinda in 2014/2015 academic year. The Pre-Experimental study with three classes consisting of one implementation class and two replication classes using a one-group pretest-posttest design. Data of the study collected through validity of learning material, observation, test, and questionnaire. The study found: 1) the validity of the learning material, consists of: (a) the conceptual validity, the RPP gets value 0,91, BAPD gets value  0,90, LKPD gets value 0,89, conceptual understanding test gets value 0,95, organizing skills test get value 1,00, and thinking skills test 0,96; (b) the legibility gets value  85%; and (c) the difficulty level gets value  3,46%; 2) practicality, consists of: (a) the enforceability of RPP gets value  94,8% and (b) obstacles during the learning  can be overcome; 3) effectiveness for three pre-experimental classes, consists of: (a) the activity that not relevant gets value  2,86%; (b) the students respon gets value  85,02; and (c) effectiveness of concepts understanding get value 0,82, (d) effectiveness of organizing skills get value  0,79, and (e) effectiveness of thinking skills get value 0,78.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu model Nested yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan mengorganisir, dan keterampilan berpikir peserta didik pada konsep kalor. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model Kemp dan diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Samarinda tahun pelajaran 2014/2015. Rancangan terhadap tiga kelas uji lapang yang terdiri atas satu kelas implementasi dan dua kelas replikasi menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang didapat yaitu: 1) validitas perangkat pembelajaran, terdiri atas: (a) validitas konseptual, pada RPP sebesar 0,91, BAPD sebesar 0,90, LKPD sebesar 0,89, soal tes pemahaman konsep sebesar 0,95, soal tes keterampilan mengorganisir sebesar 1,00, dan soal tes keterampilan berpikir 0,96; (b) keterbacaan perangkat sebesar 85%; dan (c) tingkat kesukaran perangkat sebesar 3,46%; 2) kepraktisan, terdiri atas: (a) penilaian keterlaksanaan RPP sebesar 94,8% dan (b) kendala-kendala selama pembelajaran dapat diatasi; 3) keefektifan untuk tiga kelas uji lapang, terdiri atas: (a) aktivitas yang tidak relevan sebesar 2,86%; (b) respon peserta didik sebesar 85,02; dan (c) pemahaman konsep dengan tingkat keefektifan 0,82; (d) keterampilan mengorganisir dengan tingkat keefektifan 0,79; dan (e) keterampilan berpikir dengan tingkat keefektifan 0,78.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-30

How to Cite

Sapari, H., Jatmiko, B., & Hidayat, T. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL NESTED UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN MENGORGANISIR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR PADA MATERI KALOR. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 753–763. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p753-763

Issue

Section

Articles
Abstract views: 916 , PDF Downloads: 2403