PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKURI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • Sudiarman Sudiarman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Soegimin W.W Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p658-671

Keywords:

Learning material, Guided inquiry, Science process skills

Abstract

This reseach aims to develop a physics learning material based on guided inquiry to facilate the students science process skills are valid, practical and effective. Learning material was developed using 3-D models (define, design, develop) were tested using a one group pretest-posttest design. Learning material was tryouted class VII SMPN 1 Muara Jawa in academic year 2014/2015. The data collection through observation, tests and questionnaires. The data analysis techniques use qualitative analysis and descriptive analysis of quantitative. The results obtained demonstrate the validity of the learning material that includes lesson plans, worksheets, textbooks and  students the knowledge and skills assessment sheet of a valid category. Practicality implementation of learning material that includes lesson plans and students activities of a good category. The learning material developed is effective in terms of achievement learning indicators and learning outcomes of individual completeness increases, the positive students response to learning. Based on these results, it can be conclude that the physics learning material based on guided inquiry are valid, practical and effective for use in teaching and learning and can to facilate the science process skills in junior high school students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika SMP berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 3-D (define, design, develop) yang diujicobakan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas VII SMPN 1 Muara Jawa tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan validitas perangkat yang meliputi RPP, LKS, Buku ajar siswa dan Lembar Penilaian pengetahuan serta keterampilan berkategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang meliputi keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa berkategori baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah efektif ditinjau dari ketercapaian indikator pembelajaran serta ketuntasan hasil belajar individual yang meningkat, respon siswa positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat melatihkan keterampilan proses sains kepada siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-29

How to Cite

Sudiarman, S., W.W, S., & Susantini, E. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKURI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 658–671. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p658-671

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1379 , PDF Downloads: 2529