PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Putri Ayuningtyas Mahasiswa Program Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
  • Soegimin W.W Program Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
  • Z.A. Imam Supardi Program Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p636-647

Keywords:

Development of Learning Material, Guided Inquiry, Science Process Skills

Abstract

This study aims to produce a feasible, practical, and effective Physics learning materials with guided inquiry models to facilitate high school students science process skills on the static fluids. The learning materials were try outed to the class XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya in the second semester of the academic year 2013/2014 with the replication of three classes which are class XI-IPA 1, XI-IPA 2, and XI-IPA 3. This research is the development research, with four D models. The trial design using one-group pretest-posttest design. The results were obtained: (1) the validity of learning materials were good category; the readability student textbook and worksheets were good category; (2) learning performance was good category; students activities were categorized to students centered learning; (3) students gave the positive mastery of learning with high gain scores; all students are quite able to practice skill process throught the performance test. Based on the result and discussion of this research, it can be concluded that the Physics learning materials with guided inquiry models to facilitate science process skills of high school students on the static fluids were feasible, practical, and effective to be used at learning process.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Fisika yang  layak, praktis, dan efektif dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida statis. Perangkat pembelajaran tersebut diujikan terhadap siswa kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014 dengan replikasi tiga kelas yaitu kelas XI-IPA 1, kelas XI-IPA 2, dan kelas XI-IPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model 4-D. Rancangan ujicoba perangkat menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori baik; tingkat keterbacaan buku ajar siswa dan lembar kegiatan siswa berkategori baik; (2) keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa menunjukkan pembelajaran yang berpusat pada siswa; (3) respon siswa positif terhadap proses pembelajaran; 93% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dengan skor peningkatan yang tinggi; seluruh siswa sudah cukup mampu untuk berlatih keterampilan proses melalui tes kinerja. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Fisika dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida statis layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-29

How to Cite

Ayuningtyas, P., W.W, S., & Supardi, Z. I. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 636–647. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p636-647

Issue

Section

Articles
Abstract views: 4667 , PDF Downloads: 5809