PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PROSEDUR MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR TINGKAT SMA

Authors

  • Jansensius Dani Hurint Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Wasis Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Rudiana Agustini Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p622-635

Keywords:

Scientific Approach, Mathematical Procedure, Students’ Achievement, Heat Subject Matter

Abstract

This study aims to produce of learning materials which is effective to improve students achievement. This learning is done by learning materials applying based on scientific approach integrated with mathematical procedure. This study is learning materials developing used 4D model and implemented by one group pretest-posttest design. Data analysis using descriptive qualitative. Results of the study as follow: validator evaluation for Plan of Conducting Teaching (Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP)), student book, Students Working Sheet (Lembar Kerja Siswa (LKS)) by category of appropriate to use. Test of students cognitive, psychomotor, and affective study by categories of valid and easy to understand. Conducting RPP on 1st, 2nd, and 3rd meetings as much as 100%. Students cognitive competence achievement by pretest and posttest gain score as much as 25% for its high category, 75% for its medium category, and 0% for its low category. Finishing cognitive competence, psychomotor, and affective study results are 75%, 98.3% and 98.3% in that order. This study concluded that physics learning materials based on scientific approach which integrated with mathematical procedure is effective in improving students achievement on heat subject matter for high school.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran, yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran ini dilakukan dengan cara menerapkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah yang diintegrasikan dengan prosedur matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D dan desain ujicoba one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: hasil penilaian validator terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Tes hasil belajar kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan kategori valid dan mudah dipahami. Keterlaksanaan RPP pada pertemuan I, II, dan III sebesar 100%. Hasil belajar kompetensi pengetahuan dengan gain score pretest dan posttest sebesar 25% untuk kategori tinggi, 75% untuk kategori sedang, dan 0% untuk kategori rendah. Ketuntasan hasil belajar pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara berurutan adalah 75%, 98,3%, dan 98,3%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Fisika berbasis pendekatan ilmiah yang diintegrasikan dengan prosedur matematis efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor tingkat SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-29

How to Cite

Hurint, J. D., Wasis, W., & Agustini, R. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PROSEDUR MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR TINGKAT SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 622–635. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p622-635

Issue

Section

Articles
Abstract views: 215 , PDF Downloads: 520