PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS KEGIATAN BIOMONITORING PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN AIR

Authors

  • Mirna Yunik Citriana Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Soetjipto Soetjipto Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p535-546

Keywords:

Learning Package Development, Guided Discovery Models, Participatory Biomonitoring Activities, Higher- Order Thinking Skills, Water Pollution

Abstract

This research is conducted based on the unavailibility of the planning, process, and evaluation of learning which refers to the higher-order thinking skills as literacy needed to facilitate in twenty-first century science teaching and learning.  The purpose of the research is to develop a model of guided discovery learning through participatory biomonitoring activities to improve students' higher-order thinking skills on water pollution materials. The type of this research is development research which implemented in a grade VII at SMP Negeri 1 Deket Lamongan. The development of learning on package in the research carried out using 4-D model of Thiagarajan, wich consist of stages of development, namely: define, design, develop, without using disseminate stage. The result data from this research are: (1) the valid learning syllabus, lesson plans, student teaching materials, student worksheets, tests and assessment instruments, (2) the legibility of teaching materials and student worksheets show the excellent category, (3) feasibility of lesson plan syntax was considered good and reliable, (4) the understanding of the learning concept has been completed individually, classically, and indicators, (5) higher-order thinking skills of students can improved (6) the students activity showed successful and reliable, and (7) the students response to the learning activities were interested in they  feel something new, easy and interesting in using the model in teaching learning process. Based on the findings of this research it can be concluded that the matterial learning development of guided discovery models through participatory biomonitoring activities has feasibility, practically, and effectiveness of the good category  to use in and it could improve students higher-order thinking skills in the material of water pollution.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran yang merujuk pada keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai literasi yang perlu dilatihkan dalam kegiatan pembelajaran sains abad dua puluh satu. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran model guided discovery berbasis kegiatan biomonitoring partisipatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran air. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang diimplementasikan di kelas VII di SMPN 1 Deket Lamongan. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan Model 4-D dari Thiagarajan, yang terdiri dari tahap-tahap: define, design, develop, tanpa menggunakan tahap disseminate. Data hasil penelitian adalah: (1) Silabus Pembelajaran, RPP, Materi Ajar Siswa, LKS, dan Instrumen Penilaian Tes memperoleh kategori valid, (2)  Pemahaman siswa terhadap Materi Ajar Siswa dan LKS menunjukkan kategori sangat baik, (3) keterlaksanaan  sintaks pada RPP dinilai baik dan reliabel, (4) secara individual dan indikator, hasil belajar pemahaman konsep telah tuntas, (5) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat (6) aktivitas siswa dinyatakan baik dan reliabel, dan (7) respon siswa terhadap komponen-komponen pembelajaran adalah merasa ketertarikan, merasakan kebaharuan, kemudahan dan menyatakan keberminatan terhadap kegiatan pembelajaran.  Berdasarkan temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model guided discovery berbasis kegiatan biomonitoring partisipatif memiliki kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas yang baik sehingga dapat digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran air.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-29

How to Cite

Citriana, M. Y., Soetjipto, S., & Raharjo, R. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS KEGIATAN BIOMONITORING PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN AIR. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 535–546. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p535-546

Issue

Section

Articles
Abstract views: 649 , PDF Downloads: 866