PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL COOPERATIVE SCRIPTS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dian Eka Indriani Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Tjandra Kirana Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p495-502

Keywords:

Cooperative, Cooperative Script, Concepts Understanding, Communication Skill

Abstract

A Research developement of Teaching and Learning Science materials has been done in Elementary School, using Cooperative Sripts with 4D model modification and aimed to increase the students science concept understanding and communication skill at Elementary school main subject humans respiration system. Data was analyzed by qualitative and quantitative description. The research appeared that the validation of learning and teaching materials is valid, the learning implementation is good (3.97), active student centered activity. The result  of  student  understanding outcomes  were  analyzed  by  N-gain  metode  shows  improvement of The Students scince concept understanding (0.65) as well communication skill (3.8) along with students affective asessment outcomes show good result (3.9). Conclucion of this research, appears that Learning and teaching materials Cooperative Scripts model is feasible, influence and  able to increase students science concept understanding and communication skill outcomes as well.

 

Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA di Sekolah Dasar model Cooperative Scripts dengan 4D modifikasi yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep IPA dan keterampilan berkomunikasi siswa pada pokok bahasan materi sistem pernapasan manusia. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik (3.97), kegiatan berpusat pada murid aktif. Hasil tes pemahaman konsep siswa dianalisis dengan N-gain menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa meningkat (0.65) begitu pula dengan keterampilan berkomunikasi (3.8) sejalan dengan hasil penilaian afektif siswa menunjukkan hasil yang baik (3.9). Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA model Cooperative Scripts layak, dapat meningkatkan dan berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep IPA dan keterampilan berkomunikasi siswa di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-29

How to Cite

Indriani, D. E., Kirana, T., & Ibrahim, M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL COOPERATIVE SCRIPTS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 495–502. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p495-502

Issue

Section

Articles
Abstract views: 621 , PDF Downloads: 875