PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467Keywords:
Learning Material, Curriculum 2013, and Science LiteracyAbstract
The purposes of this study are to develop science learning material based on Curriculum 2013 to try science literacy of students in junior high school and then describe it. The learning material is developed by adapting Dick and Carey development model and the research design is One Group Pretest-Posttest Design. Try out of this research uses sample that are consist of 21 students with 2 observers and 2 validators. Research findings showed that component of learning material that are developed are valid, 80% score in readability and 10,6% score in difficulty. The learning material is practical in learning process. Average score of all activities in learning implementation is 3,6 with very good category. The learning material is also effective to try skill of students science literacy until 4th levels. Students involve in learning process actively and give positive response in those learning. The conclusion of this research is science learning material based on curriculum 2013 in fluids pressure and it application in daily life matter can be used to try science literacy of students in class VIII Junior High School properly.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013 untuk melatih literasi sains siswa SMP dan kemudian mendeskripsikannya. Perangkat dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Dick and Carey, sedangkan rancangan uji coba yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian uji coba ini menggunakan sampel 21 siswa dengan 2 orang pengamat serta 2 validator. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah valid, memiliki tingkat keterbacaan sebesar 80% dan tingkat kesulitan yang rendah yaitu 10,6%. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan praktis digunakan dalam pembelajaran yang terlihat dari tingginya skor rata-rata kesuluruhan keterlaksanaan pembelajaran adalah 3,6 dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk melatih kemampuan literasi sains siswa sampai pada level 4. Begitu pula dengan aktivitas siswa yang dominan aktif dalam pembelajaran, siswa juga memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian uji coba ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013 materi tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari layak digunakan untuk melatih literasi sains siswa SMP kelas VIII.