PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PROGRAM SIMULASI PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA

Authors

  • Mohammad Azis Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Leny Yuanita Prodi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Prodi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v3n2.p410-419

Keywords:

Skills of Process, Understanding ofConcepts, Inquiry, and PhET

Abstract

This researchaims todevelopinquiry learningmaterials using PhET simulationprogramto facilitatescience process skillsandscienceconceptsunderstanding in the junior grade VIIinSMPNegeri 3SugioLamongan.The development oflearningmaterialsin the researchcarried out using4-D modelofThiagarajan, whichconsistsofstagesof development,namely: define, design, develop, without usingdisseminatestage. The results were obtained:(1) the validity ofthe content ofthe lesson plan, textbook, worksheets, concepts comprehensiontest instrument, and processskillstest instrumentcategorizedwellandfit for use, readability of textbookandworksheets have high level/easy to understand, (2) adherence to thelesson planis very good, students activity is goodin learning, and thestudents' response tothe learningmaterialss developedandperformedverywell, and (3) the effectiveness ofthe learningmaterialssogood, thatindicatedbymasteryof learningoutcomesof science process skillsandscienceconceptsunderstanding are exceeded. Based on the research results, it can be concludedthattheinquiry learningmaterials with PhETsimulationprogramhasfeasibility, enforceabilityandeffectiveness ofthe good category thatcan be appliedinlearning activitiesingrade VII of SMP.


Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri berbantuan program simulasi PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep IPA pada materi asam, basa dan garam di kelas VII SMP Negeri 3 Sugio Lamongan. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Model 4-D dari Thiagarajan, yang terdiri dari tahap-tahap pengembangan, yaitu: define, design, develop, tanpa menggunakan tahap disseminate. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, instrumen tes pemahaman konsep, dan instrumen tes keterampilan proses berkategori baik dan layak digunakan; tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa dan Lembar Kegiatan Siswa tinggi dan mudah dipahami, (2) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sangat baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran baik, dan respon siswa terhadap perangkat yang dikembangkan dan pembelajaran yang dilakukan sangat baik, dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran sangat baik, yang diindikasikan dengan dicapainya ketuntasan hasil belajar keterampilan proses sains dan pemahaman konsep IPA. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri berbantuan program simulasi PhET memiliki kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang baik sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di SMP kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Azis, M., Yuanita, L., & Rahayu, Y. S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PROGRAM SIMULASI PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 3(2), 410–419. https://doi.org/10.26740/jpps.v3n2.p410-419

Issue

Section

Articles
Abstract views: 351 , PDF Downloads: 406