PENERAPANMODIFIED INQUIRY MODELS UNTUK MENCEGAHMISKONSEPSISISWA PADA KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA

Authors

  • Arif Imam Subagyo Guru di SMA Negeri 10 Samarinda Kalimantan Timur
  • Suyono Suyono Prodi Pend. Sains PPs Universitas Negeri Surabaya
  • Tukiran Tukiran Prodi Pend. Sains PPs Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v3n2.p361-366

Keywords:

modified inquiry, misconception. chemical equilibrium

Abstract

This research aims prevent students misconception to the concept of chemical equilibrium. Misconceptions prevention performed was using a modified inquiry model.Subject in this research arestudents science grade XI in SMAN Kabuh  Jombang.This research is pre-experiment with one group pretest - posttest design. Identification of misconceptions used Three Tier Test method. The resulted discrete data was analyzed using qualitative descriptive and continu data  was analyzed using inferential statistics, namely the Mann-Whitney test, t-Test, and Wilcoxons Sign Rank Test.A modified inquiry learning models successfully preventedstuedents misconceptionbut still remained the burden of misconceptions. Based on inferential statistical test with thesignificance level of 95% it can be concluded that the science classes decreased significantly the level of burdenof misconceptions as the impact of learning a modified inquiry models.


Penelitian ini bertujuan untuk mencegah miskonsepsi siswa pada konsep kesetimbangan kimia. Pencegahan terjadinya miskonsepsi dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran modified inquiry. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMAN Kabuh Kabupaten Jombang.Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Identifikasi miskonsepsi menggunakan metode Three Tier Test. Teknik analisis data diskrit menggunakan deskriptif kualitatif dan data kontinyu menggunakan statistik inferensial yaitu: Mann-Whitney Test,t-Test, dan Wilcoxons Sign Rank Test.Pembelajaran menggunakan modified inquiry berhasil mencegah miskonsepsi siswa dan membuat siswa menjadi tahu konsep, tetapi masih menyisakan beban miskonsepsi siswa. Dengan menggunakan uji statistik inferensial pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa pada kelas penelitian terjadi penurunan secara signifikan beban miskonsepsi siswa sebagai dampak pembelajaran menggunakan modified inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Subagyo, A. I., Suyono, S., & Tukiran, T. (2017). PENERAPANMODIFIED INQUIRY MODELS UNTUK MENCEGAHMISKONSEPSISISWA PADA KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 3(2), 361–366. https://doi.org/10.26740/jpps.v3n2.p361-366

Issue

Section

Articles
Abstract views: 322 , PDF Downloads: 372