REDUKSI MISKONSEPSI ASAM BASA MELALUI INKUIRI TERBUKA DAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE

Authors

  • Ahmad Ahmad Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Leny Yuanita Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v3n1.p286-293

Keywords:

Reduction, Misconception, Inquiry, Critical Thinking, Conceptual Change

Abstract

This research aims to study the effect of inquiry learning by critical thinking practice followed by a conceptual change efforts to reduce misconceptions on acid-base learn. The research design using one-group pretest-posttest design with students of SMAN 2 Ngawi as sample research. The student conception  status finding by knowing concept (TK), not knowing concept (TTK), and misconception (MK), whereas intensity of misconception be analized by CRI. Results and analysis of research data found that there is a shift in conception after inquiry learning p rocess. Based on Wilcoxons signed rank test, the T value of test TK, TTK, and MK is less than T table at α = 0.05 , so it was concluded that inquiry learning increase TK and decrease TTK and MK. The influence of inquiry learning for understanding the influence was strengthened by the results of the t test tests before and after understanding the concept of inquiry learning that indicate a significant difference.  t-test results on tests of critical thinking before and after the inquiry learning also showed a significant difference. Inquiry learning can not reduce all of misconceptions. Reduction step again is with conceptual change. Based on Wilcoxons signed rank test was concluded that conceptual change learning can reduce misconception significantly


Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh pembelajaran inkuiri terbuka disertai latihan berpikir kritis yang dilanjutkan dengan conceptual change sebagai upaya mereduksi miskonsepsi pada materi asam basa. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan metode one group pretest-postest design dengan subyek penelitian  siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ngawi. Profil konsepsi siswa dinyatakan dengan status tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), dan miskonsepsi (MK), sedangkan intensitas miskonsepsi diperoleh dari hasil analisis CRI jawaban siswa.  Hasil dan analisis hasil tes pemahaman konsep menemukan bahwa terjadi pergeseran konsepsi setelah proses pembelajaran inkuiri terbuka. Berdasarkan wilcoxons signed rank test diperoleh T hitung untuk semua status TK, TTK, dan MK kurang dari nilai T tabel pada α = 0,05 dan n = 25, sehingga   disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri meningkatkan jumlah TK dan menurunkan TTK dan MK.  Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep serta kemampuan berpikir kritis diketahui dari uji t hasil tes pemahaman konsep serta tes berpikir kritis sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil uji t pada α = 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan pemahaman konsep serta kemampuan berpikir kritis antara sebelum dan setelah pembelajaran inkuiri. Miskonsepsi yang masih tersisa setelah pembelajaran inkuiri direduksi kembali dengan strategi   conceptual change. Berdasarkan wilcoxons signed rangk test disimpulkan bahwa pembelajaran conceptual change dapat mereduksi miskonsepsi secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-27

How to Cite

Ahmad, A., Suyono, S., & Yuanita, L. (2017). REDUKSI MISKONSEPSI ASAM BASA MELALUI INKUIRI TERBUKA DAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 3(1), 286–293. https://doi.org/10.26740/jpps.v3n1.p286-293

Issue

Section

Articles
Abstract views: 661 , PDF Downloads: 1105