PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI ENZIM BERBASIS METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v3n1.p269-273Keywords:
guided discovery learning, critical thinking and study resultAbstract
This study aims to determine the feasibility of learning biologi guided discovery-based learning methods, critical thinking skills and learning outcomes after the implementation of learning in students of class XII Science 4in SMAN 19 Surabaya. The research carried out by using 4-D design models and the implementation of learning in the classroom using the one-group pretest- posttest design with one treatment. Data collection was done using observation, tests, documentation and questionnaires. Data analysis was done by using descriptive statistical analysis. Based on the result of this study concluded that the developed learning package for learning to improve critical thinking skills and student learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran biologi berbasis metode guided discovery learning, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar setelah implementasi perangkat pembelajaran pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D model dan pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan rancangan one group pretest-posttest design dengan satu perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, tes, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelaja ran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.