IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN UNTUK MELATIHKAN SIKAP MORAL SISWA

Authors

  • Agustina Pertiwiningrum Guru Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 18 Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v2n2.p240-249

Keywords:

Teaching materials with character, meaningful model study, moral attitude

Abstract

Implementation peripheral of study with character aim to overcome student moral decadence with moral attitude and improve result learn cognate at Human Reproductive System being use meaningful model study.The researcher use One Group Pretest-Postest Design during the implementation. The data were analized using quantitative and qualitative descriptive analysis. Result of implementation peripheral of study with character orient model study of meaningful in this research categorized very good. The implementation of the four lesson plans were very good. The 23 learning objectives were achieved. The achievement of moral attitude in moral knowing, moral feeling, and moral acting were very good. Suggestion the proposed is require to be developed by peripheral of study with character at different discussion fundamental to inculcate character values to educative participant


Implementasi perangkat pembelajaran berkarakter bertujuan untuk mengatasi dekadensi moral siswa dengan membelajarakan sikap moral dan meningkatkan hasil belajar kognitif pada pokok bahasan Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model pembelajaran pemaknaan. Rancangan penelitian yang dipakai adalah One Group Pretest-Postest Design dan hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil implementasi perangkat pembelajaran berka rakter berorientasi model pembelajaran pemaknaan dalam penelitian ini dikategorikan sangat baik. Keterlaksanaan rata -rata dari keempat RPP dikategorikan sangat baik. Ketuntasan dari 23 Tujuan Pembelajaran tercapai. Hasil belajar kognitif mencapai 95% tuntas. H asil belajar sikap moral pada aspek pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), dan tindakan moral (moral acting) mencapai 100% tuntas dengan kategori sangat baik. Saran yang diusulkan adalah perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berkarakter pada pokok bahasan yang berbeda untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Pertiwiningrum, A., Ibrahim, M., & Rahayu, Y. S. (2017). IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN UNTUK MELATIHKAN SIKAP MORAL SISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(2), 240–249. https://doi.org/10.26740/jpps.v2n2.p240-249

Issue

Section

Articles
Abstract views: 786 , PDF Downloads: 823