Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web- Let's Learn Online Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan Dengan Model PjBL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v14n2.p203-213Kata Kunci:
Learning media, Let's Learn Online, Student Competencies, Web-based , PjBL ModelAbstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis WEB-”Mari Belajar Daring” untuk melatihkan kompetensi pemasangan dan konfigurasi perangkat jaringan siswa SMK yang layak (valid, praktis, dan efektif). Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, angket, observasi, dan tes dengan subjek 66 siswa kelas XI di SMK Surabaya. Validitas modul ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, bahasa, dan aspek media. Kepraktisan modul ditinjau dari keterlaksanaan dan kendala pembelajaran serta kompetensi siswa berbasis projek. Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari hasil peningkatan kompetensi siswa dan respon siswa. Semua aspek penilaian validitas, keterlaksanaan pembelajaran, kompetensi berbasis projek, serta respon siswa menggunakan skala Likert. Media pembelajaran berbasis Web dinyatakan layak apabila persentase semua kriteria kelayakan ≥ 61%. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 1) persentase skor rata-rata validitas media pembelajaran berbasis Web sebesar 96,0% dengan kategori sangat valid; 2) persentase skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,0% dengan kategori sangat praktis persentase skor rata-rata kompetensi siswa sebesar 72,0% dengan kategori baik; 3) hasil peningkatan kompetensi siswa berbasis tes memperoleh nilai n-gain rata-rata sebesar 0,40 dengan kategori sedang dan hasil respon peserta didik memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 75,0% dengan kategori efektif. Novelty: Web ini mudah diakses untuk belajar dimana saja dan kapan saja untuk menambah kompetensi dan literasi tentang pemasangan dan konfigurasi perangkat jaringan.
Unduhan
Referensi
Almubarak & Saadi. (2022). Validity, practicality, effectiveness: wetland contexted-chemical representation module as a media for learning. Journal of Mathematic and Science Computer Education, 2(1), 56. doi: 10.20527/jmscedu.v2i1.5067.
Anjarwati, N., Lubis, P. H. M., & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKPD materi gerak lurus berbasis discovery learning berbantuan software tracker untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 226–238. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3953
Arsyad, Azhar. (2019). Media pembelajaran (edisi revisi) cetakan ke 20. Jakarta: Rajawali Pers.
Cheung, G. W., Cooper-Thomas, H. D., Lau, R. S., & Wang, L. C. (2024). Reporting reliability, convergent and discriminant validity with structural equation modeling: A review and best-practice recommendations. In Asia Pacific. Journal of Management Vol. 41, Issue 2. Springer US. https://doi.org/10.1007/s10490-023-09871-y
Diah Puspitasari, A. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Dwikoranto, S Admoko, Dzulkiflih, R Setiani, I H Khansa, D A Putra and Widiasih. (2024). Profile analysis of students' creative thinking ability in physics learning based on problem-based essay question instruments. Journal of Physics: Conference Series 2900 (2024) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2900/1/012045.
Farah Fadhila Mulyadi, Triwibisono, C., & Kusmayanti, I. N. (2020). Strategi peningkatan program employee engagement di telkom university dengan menggunakan metode ADDIE. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(2), 163–169. https://doi.org/10.30656/intech.v6i2.
Hake, R. R. (1998). Analyzing change/gain scores. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Heinich, R., et. al. (2022). Instructional media and technologies for learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Dawana, I.R., Dwikoranto, R. Setiani & Marsini. (2022). E-book learning research in physics education during the last five years: a review and bibliometric study, Journal of Physics: Conference Series 2392 (2022) 012016, https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012016
Irgy R. D., Woro S., Suprapto N., & Dwikoranto. (2022). Efektivitas pembelajaran e-learning berbasis virtual class dengan google classroom berbantuan video sebagai media pembelajaran fisika (2016-2020). Momentum: Physics Education Journal. Vol. 6 No.2, 2022. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i2.5849
Kholiq, Abd. (2020). Development of BDF-AR 2 (Physics digital book based augmented reality) to train students’ scientific literacy on global warming material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7881
Knight, S. R., Ho, A., Pius, R., Buchan, I., Carson, G., Drake, T. M., Dunning, J., Fairfield, C. J., Gamble, C., Green, C. A., Gupta, R., Halpin, S., Hardwick, H. E., Holden, K. A., Horby, P. W., Jackson, C., McLean, K. A., Merson, L., Nguyen-Van-Tam, J. S., & Harrison, E. M. (2020). Risk stratification of patients admitted to hospital with covid-19 using the ISARIC WHO clinical characterisation protocol: Development and validation of the 4C mortality score. The BMJ, 370 (September), 1–13. https://doi.org/10.1136/bmj.m3339
Sürücü L. & Maslakçi, A. (2020). Validity and reliability in quantitative research. Business Management Studies: An International Journal, 8(3), 2694–2726. https://doi.org/10.15295/bmij.v8i3.1540.
Lintangesukmanjaya, R. T., Mahendra, A., Anugrah, S., Prahani, B.K., Dwikoranto, Satriawan, M., Rizki, I. A. (2024). EFA analysis of digital technology teaching materials in improving students' critical thinking in physics learning. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 14(1), 23-38. https://doi.org/10.26740/jpps.v14n1. p23-38
Muthmainnah, A. J., Mahdawi, R. S. A., & Khalaf, H. A. (2022). Adoption social media-movie based learning project (SMMBL) to engage students' online environment. Educational Administration: Theory and Practice, 28(1), 22-36. https://doi.org/10.17762/kuey.v28i01.321
Naqiyyah, Z., & Widiyanti, I. S. R. (2024). Development of interactive media based learning on project-based learning in learning IPAS class V SD Negeri 2 Karangharjo. Journal of Social Science, 5(5), 1355-1369. https://doi.org/10.46799/jss.v5i5.920
Riduwan. (2018). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (Cetakan ke 12). Bandung: Alfabeta.
Saputra, W. N. E., Hidayah, N., Ramli, M., & Atmoko, A. (2023). Development and validation of indonesian peace of mind scale: the rasch analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 877–885. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.24847
Setiani, R, Surasmi, W. A., Suparti, & Dwikoranto. (2024). Assessing the validity and effectiveness of student worksheets and creativity tests in enhancing the creativity of open university students. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 12(2), 376-389. 2024. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i2.9979
Sitinjak, E.K., & Siahaan, F.E. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif mata kuliah fisika lanjutan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 315–323. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.38458
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., Nugroho, A. G., Sholihah, M., Rusli, M., Yudaningsih, N., & Firmansyah, H. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran 5.0. Yogyakarta: Media Akademi
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, A.K., & Kholiq, A. (2021). Pengembangan sivino (physics visual novel) untuk melatihkan berpikir tingkat tinggi siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 123-137. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3313
Van Vo, D., & Csapó, B. (2021). Development of scientific reasoning test measuring control of variables strategy in physics for high school students: evidence of validity and latent predictors of item difficulty. International Journal of Science Education, 43(13), 2185–2205. https://doi.org/10.1080/09500693.2021.1957515
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 125
,
PDF Downloads: 539










