Effectiveness of Physics Learning with PBL Model Assisted by 3D Webbook Integrated with Environmental Learning in Improving Students' Critical Thinking Skills

Penulis

  • Fithriatiz Zahro Universitas Negeri Surabaya
  • Nurita Apridiana Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sya’roni National Taiwan University of Science and Technology

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v14n2.p157-172

Kata Kunci:

3D Webbook , Critical Thinking Skills , Environmental Learning , Global Warming , Problem Based Learning

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Webbook 3D yang terintegrasi dengan pendekatan Environmental Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pre-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas X1, X2, dan X4 di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL berbantuan Webbook 3D terintegrasi Environmental Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditunjukkan melalui: (a) peningkatan signifikan skor keterampilan berpikir kritis antara pretest dan posttest, (b) nilai rata-rata n-gain yang termasuk dalam kategori tinggi, dan (c) hasil analisis ANOVA yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adilla, I. N., & Jatmiko, B. (2021). Keefektifan pembelajaran daring fisika SMA berbasis probing promting untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. PENDIPA: Journal of Science Education, 5(3), 426–435. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.426-435

Afiati, B. S., Arjudin, A., Rumansyah, R., & Hasanah, U. (2025). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X-12 SMA Negeri 1 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 418–422. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.547

Afikah, A., Jumadi, J., & Rohaeti, E. (2024). Feasibility of digital flipbooks as physics teaching media in terms of reproduction. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 10(2), 243–260. https://doi.org/10.21009/1.10204

Arzak, K. A., & Prahani, B. K. (2023). Practicality of augmented reality books in physics learning: A literature review. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12(2), 138–154. https://doi.org/10.26740/jpps.v12n2.p138-154

Cai, S., Liu, C., Wang, T., Liu, E., & Liang, J. (2021). Effects of learning physics using augmented reality on students’ self‐efficacy and conceptions of learning. British Journal of Educational Technology, 52(1), 235–251. https://doi.org/10.1111/bjet.13020

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size model pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan pemahaman konseptual siswa dalam fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment.

Hake, R. R. (1998). Analyzing change/gain score. Dept: Of Physics, Indiana University.

Halilah, H. F., Rusdiana, D., & Novia, H. (2023). Efektivitas e-book interaktif pada topik pemanasan global untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1263–1274. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2414

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Syntax Imperatif Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 403–413. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207

Haqque, A., Hasbiyati, H., & Afandi, B. (2023). Pengaruh multimedia buku digital materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 234–241. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4097

Haratua, C. S., Lestari, A., Abdul, R. C., Haryanti, W. D., Suratno, S., & Ardiansyah, T. (2025). Peran matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam menghadapi tantangan SDM di society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 218–224. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635

Hutabarat, R. R. (2022). Pengembangan pocket e-book fisika menggunakan aplikasi flipbook pada materi impuls dan momentum. Nucleus, 3(2), 133–138. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.982

Jatmiko, B., Prahani, B. K., Munasir, M., Imam Supardi, Z. A., Wicaksono, I., Erlina, N., Pandiangan, P., Althaf, R., & Zainuddin, Z. (2018). The comparison of or-ipa teaching model and problem based learning model effectiveness to improve critical thinking skills of pre-service physics teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 300–319. https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.300

Judijanto, L., Hartati, T., Apriyanto, A., Pamangin, W. W., & Haluti, F. (2025). Pendidikan abad 21: Menyambut transformasi dunia pendidikan di era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jufriadi, A., & Budianto, H. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantu video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 473–483. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p473-483

Kholiq, Abd. (2020). Development of B D F-AR 2 (physics digital book based augmented reality) to train students’ scientific literacy on global warming material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7881

Lidiawati, M. P. Y. (2024). The role of e-books in learning physics: literature review. Physics Learning and Education, 2(2), 48–55. https://doi.org/10.24036/ple.v2i2.76

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan pembelajar di abad ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss1.598

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian keterampilan abad 21 dalam proses pembelajaran (literature review). Irfani, 19(1), 86–107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897

Musaad, F., & Suparman, S. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem based learning untuk memacu kemampuan berfikir kritis abad-21. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3162. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119

Neswary, S. B. A., & Prahani, B. K. (2022). Profile of students’ physics critical thinking skills and application of problem based learning models assisted by digital books in physics learning in high school. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 781–789. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1444

Nursaya’bani, K. K., Falasifah, F., & Iskandar, S. (2025). Strategi pengembangan pembelajaran abad ke-21: Mengintegrasikan kreativitas, kolaborasi, dan teknologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109–116. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6470

Prahani, B. K., Rizki, I. A., Nisa’, K., Citra, N. F., Alhusni, H. Z., & Wibowo, F. C. (2022). Implementation of online problem-based learning assisted by digital book with 3D animations to improve student’s physics problem-solving skills in magnetic field subject. Journal of Technology and Science Education, 12(2), 379. https://doi.org/10.3926/jotse.1590

Pratiwi, M., Astuti, B., Subali, B., & Nurbaiti, U. (2020). Profil literasi sains peserta didik smp terhadap mitigasi bencana pemanasan global di kota semarang. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 27–32.

Putri, W. I., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2023). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi pemanasan global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2428–2435. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1787

Qotrunnada, N. A., & Prahani, B. K. (2022). Profile of PBL model assisted by digital books to improve problem solving ability of high school students on dynamic fluids. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1175–1183. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1451

Sari, I. P., Nanto, D., & Putri, A. A. (2022). Pengaruh hasil belajar pendidikan fisika siswa menggunakan teknik meta-analisis dengan model PBL (Problem Based Learning). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.34306/mentari.v1i1.124

Sari, M. W. N., & Airlanda, G. S. (2022). Pengembangan e-book dengan strategi problem based learning dalam berpikir kritis dan kreatif. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5845–5851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3232

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syamsinar, S., Ali, S., & Arsyad, M. (2023). Pengaruh keterampilan berpikir kritis dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 2 Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 322–331. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2327

Tanjung, A. W. S., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163

Utari, W. M., Gunada, I. W., Makhrus, Muh., & Kosim, K. (2023). Pengembangan e-modul pembelajaran fisika model problem based learning berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2724–2734. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1822

Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.

Wulandari, S., Purdiyah, P., Mardaya, & Annovasho, J. (2022). Studi literatur : Penerapan e-book dalam pembelajaran fisika. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(02), 7–17. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.6500

Yusuf, M., ‘Ardhuha, J., & Hikmawati, H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 250–258. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.457

Zetriuslita, Z., Suripah, S., Dahlia, A., & Rohana, I. (2022). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis realistic mathematic education pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(02), 1360–1373. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1345

Diterbitkan

2025-06-08

Cara Mengutip

Zahro, F., Lestari, N. A., & Sya’roni, I. (2025). Effectiveness of Physics Learning with PBL Model Assisted by 3D Webbook Integrated with Environmental Learning in Improving Students’ Critical Thinking Skills. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 14(2), 157–172. https://doi.org/10.26740/jpps.v14n2.p157-172

Terbitan

Bagian

Implementation of Digital Technology in Science Education
Abstract views: 188 , PDF Downloads: 604