MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI FACEBOOK DALAM MATA KULIAH MULTIMEDIA PADA MAHASISWA FISIKA UNESA

Authors

  • Rudy Kustijono Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v2n1.p127-134

Keywords:

TIK, facebook, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan pembelajaran melalui facebook yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam mata kuliah multimedia. Penelitian tersebut dilakukan untuk mencari satu alternatif pembelajaran efektif yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Di samping itu adalah menjadi pendorong agar tren penggunaan facebook khususnya oleh kalangan pelajar dan mahasiswa dapat diberdayakan untuk penggunaan yang lebih bermanfaat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan langkah penelitian studi pendahuluan, pengembangan produk dan ujicoba produk. Pokok bahasan penelitian adalah materi yang berhubungan dengan fisika dan aplikasinya, sedangkan ujicoba terbatas diterapkan pada mahasiswa Jurusan Fisika Unesa yang berjumlah 50 orang yang sedang memprogram mata kuliah multimedia pada semester gasal tahun akademik 2012-2013. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui facebook dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan penilaian dosen maupun mahasiswa yang memberikan penilaian baik (analyzing ≥ 80%, synthesizing ≥ 70%, evaluating ≥ 75%, applying ≥ 90%, generating ideas ≥ 85%, expressing ideas ≥ 80%, dan problems solving ≥ 62%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-23

How to Cite

Kustijono, R. (2017). MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI FACEBOOK DALAM MATA KULIAH MULTIMEDIA PADA MAHASISWA FISIKA UNESA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(1), 127–134. https://doi.org/10.26740/jpps.v2n1.p127-134

Issue

Section

Articles
Abstract views: 534 , PDF Downloads: 742