PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI TEKANAN ZAT

Authors

  • Qurrota Ayun Universitas Negeri Semarang
  • Siti Hardiyanti Hasasiyah Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang
  • Putut Marwoto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1804-1811

Keywords:

Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, Tekanan Zat

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu komponen kecakapan hidup yang merupakan paradigma pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir  kritis siswa SMP pada materi Tekanan Zat. Desain penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian diambil dengan metode cluster random sampling, yaitu sebanyak 23 siswa kelas VIII-B SMP Al Madina Semarang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar soal yang berisi 10 pertanyaan tingkat tinggi (tingkat kognitif C4-C6) yang berupa pilihan ganda dengan lima aspek keterampilan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan berpikir kritis siswa secara keseluruhan yaitu sangat tinggi 0%; tinggi 38%; sedang 45%, rendah 17%; dan sangat rendah 0%. Pada aspek memberikan penjelasan sederhana sebesar 74%, membangun keterampilan dasar 63%, menyimpulkan 37%, memberikan penjelasan lanjut 52%, serta mengatur strategi dan taktik 54%. Kesimpulan penelitian ini adalah profil keterampilan berpikir kritis siswa secara keseluruhan pada materi Tekanan Zat termasuk kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Qurrota Ayun, Universitas Negeri Semarang

Postgraduate science education

Siti Hardiyanti Hasasiyah, Universitas Negeri Semarang

Postgraduate science education

Bambang Subali, Universitas Negeri Semarang

Postgraduate science education

Putut Marwoto, Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

References

<p>Adeyemi, S.B. (2012). Developing Critical Thinking Skills in Students: A Mandate for Higher Education in Nigeria. <em>European Journal of Educational Research</em><em>,</em> 1 (2): 155-161.</p><p> </p><p>Azizah, M., Sulianto, J., &amp; Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Kurikulum 2013. <em>Jurnal Penelitian Pendidikan</em>, 35 (1): 61-70.</p><p> </p><p>Cholisoh, L., S. Fatimah, &amp; F. Yuniasih. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Terpadu Ditinjau dari Motivasi Belajar. <em>Jurnal Pendidikan IPA Indonesia</em>, 11 (2): 134-141.</p><p> </p><p>Diharjo, R.Y., Budijanto, &amp; Utomo, D.H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. <em>Prosiding TEP &amp; PDS Transformasi Pendidikan Abad 21.</em> Tema: 4  No.39: 445- 449.</p><p> </p><p>Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., &amp; Willingham, D. T. (2013). Improving students learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. <em>Psychological Science in the Public Interest, Supplement</em>, 14(1): 458.</p><p> </p><p>Duran, M. &amp; Dökme, I. (2016). The Effect of the Inquiry-Based Learning Approach on Students Critical-Thinking Skills. <em>Eurasia Journal of Mathematics, Science &amp; Technology Education</em>, 12(12): 2887-2908.</p><p> </p><p>Ennis, R.H. (1985). <em>Goals for a Critical Thinking Curriculum. In A.L. Costa (Ed.). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking.</em> Virginia: Assosiation for Supervisions and Curriculum Development (ASCD).</p><p> </p><p>Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment. <em>Theory into Practice</em>, 32: 179-186.</p><p> </p><p>Kaleiloglu, F., &amp; Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. <em>Educational Technology &amp; Society,</em> 17(1): 248-258.</p><p> </p><p>Kim, K., Sharma, P., Land, S. M., &amp; Furlong, K. P. (2013). Effects of Active Learning on Enhancing Student Critical Thinking in an Undergraduate General Science Course. <em>Innovative Higher Education,</em> 38(3): 223235.</p><p> </p><p>Malamitsa, K., Kasoutas, M. &amp; Kokkotas, P. (2009). Developing Greek Primary School Students Critical Thinking Through an Approach of Teaching Science which Incorporates Aspects of History of Science. <em>Science and Education</em>, 18 (2): 457-468</p><p> </p><p>Marin, L. &amp; Halpern, D. (2011). Pedagogy for Developing Critical Thinking in Adolescents: Explicit Instruction Produces Greatest Gains.  <em>Thinking Skills and Creativity, </em>6: 1-13.</p><p> </p><p>Mulnix, W.J. (2010). Thinking Critically about Critical. <em>Thinking Educational Philosophy and Theory, </em>1(1): 1-16.</p><p> </p><p>Nugraha, A.J, Suyitno, H., &amp; Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. <em>Journal of Primary Education</em>, 6 (1): 35-43.</p><p> </p><p>Nuryanti, L., Zubaidah, S., &amp; Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. <em>Jurnal Pendidikan,</em> 3(2): 155-158.</p><p> </p><p>OECD (Organization for Economic Co-operation and Development). (2018). <em>PISA 2015 Results in Focus. </em>Tersedia di <a href="http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf">www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf</a></p><p> </p><p>Prihartiningsih., Zubaidah, S., &amp; Kusairi. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. <em>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM</em>, (1) : 1053-1062.</p><p> </p><p>Popil, I. (2011). Promotion of critical thinking by using case studies as teaching method. <em>Nurse Education Today</em>, 31(2): 204207.</p><p> </p><p>Sahin, M. C. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. <em>Procedia - Social and Behavioral Sciences,</em> 1(1), 14641468.</p><p> </p><p>Scriven, M. &amp; Paul, R. (2008) <em>De</em><em>fi</em><em>ning Critical Thinking, Foundation for Critical Thinking.</em> Tersedia www.criticalthinking.org/aboutCT/definingCT.cfm</p><p> </p><p>Setyorini, U., Sukiswo, S., &amp; Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. <em>Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia</em>, 7: 52-56</p><p> </p><p>Soh, T.M., Arsad, M.N, &amp; Osman, K. (2010). The Relationship of 21st Century Skills on Students Attitude and Perception towards Physics. <em>Procedia Social and Behavioral Sciences</em> 7(C): 546554.</p><p> </p><p>Yuan, H., Kunaviktikul, W., &amp; Klunkin, A. (2008). Improvement of Nursing Students Critical Thinking Skills through Problem-Based Learning in the Peoples Republic of China: A Quasi-Experimental Study. <em>Nursing and Health Sciences</em>, 10: 7076.</p><p> </p><p>Z.K. Liu, J. He &amp; B. Li. (2015). Critical and Creative Thinking as Learning Processes at Top-Ranking Chinese Middle Schools: Possibilities and Required Improvements, <em>High Ability Studies,</em> 26(1): 139-152.</p>

Downloads

Published

2020-05-21

How to Cite

Ayun, Q., Hasasiyah, S. H., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI TEKANAN ZAT. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1804–1811. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1804-1811

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1822 , PDF Downloads: 1570