Infusing Learners' Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution

Penulis

  • Neng Tariza Putri Alpianti Universitas Negeri Semarang
  • Rizki Nor Amelia Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p83-99

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran sains karena kemampuan ini memandu siswa dalam menemukan konsep-konsep sains sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI) dan menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan. perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test-post-test pada dua kelas (64 siswa) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah berbentuk essay yang terbukti memiliki karakteristik psikometrik yang baik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI), dan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen (N-Gain kategori tinggi) dan kelas kontrol (N-Gain kategori sedang). Dengan demikian, Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan dengan model PBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kebaruan: Penelitian sebelumnya belum menggunakan Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan ke dalam model PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ameliawati, M., Permadi, A., & Maspupah, M. (2021). Development of student worksheets based on socio-scientific issues (ssi) on climate change materials for junior high school students. Scientiae Educatia, 10(1), 64. http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i1.8887

Azizi, A., & Rasyidi, M. (2019). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa SMP Darul Aminin NW Aikmual Tahun 2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1271

Fitriana, A., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan e-worksheet dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 8(2), 28-40. https://doi.org/10.24905/psej.v8i2.182

Hestiana, H., & Rosana, D. (2020). The effect of problem based learning based sosio-scientific issues on scientific literacy and problem-solving skills of junior high school students. Journal of Science Education Research, 4(1), 15-2. http://dx.doi.org/10.21831/jser.v4i1.34234

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kusumaningrum, B., Fauziah, E., & Harini, E. (2022). Efektivitas e-worksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat belajar siswa pada materi perbandingan. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 193-204. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12484

Mariana, E., Wardany, K., & Asih, D. A. S. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 395-401. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.621

Mudawamah, K. (2020). Peningkatan hasil belajar dan literasi sains siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis socio-scientific issues (SSI). Science Education and Application Journal, 2(2), 52-65. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.254

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan membangun karakter positif siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24249

Siburian, M. F., & Suryana, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VII pada konsep pencemaran lingkungan di MTs Asnawiyah Kab. Bogor. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 15-23. http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080

Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran IPA tentang siklus air melalui model pembelajaran problem based learning. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). 148-153. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803

Rofiroh, R., Mahuda, I., Talib, T., & Faqihuddin, F. (2022). Kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan worksheet persamaan diferensial tingkat satu derajat n. Science Map Journal, 4(2), 93-107. https://doi.org/10.30598/jmsvol4issue2pp93-107

Sampini, S., Mustaji, M., & Harwanto, H. (2021). Problem based learning dan problem solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mimbar Ilmu, 26(1), 79-87. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31501

Sari, D. A. P., Fauziah, A. N. M., Sabtiawan, W. B., & Qosyim, A. (2022). Penerapan lembar kerja problem based learning untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah calon guru IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 13-17. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/article/view/27110

Simatupang, H., & Ionita, F. (2020). pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245.

Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan modul kimia socio-scientific issues (SSI) materi reaksi reduksi oksidasi. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 92. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4382

Solbes, J., Torres, N., & Traver, M. (2018, June). use of socio-scientific issues in order to improve critical thinking competences. In Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 19(1), 1-17. http://hdl.handle.net/10550/69573

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. (2021). Perbedaan model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis IPA siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 40-48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196

Swiyadnya G, I. M., Wibawa, C. I. M., & Sudiandika, A. I. K. (2021). Efektivitas model problem based learning berbantuan worksheet terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203-210. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Winarni, D. S., Susilo, S., Saptono, S., & Widiyatmoko, A. (2021). Penerapan pendekatan socio-sicentific issue (SSI) menggunakan desain project untuk meningkatkan penguasaan technopreneurship mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1) 180-184. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Zulfah, F. H., & Novita, D. (2023). Development of problem-solving e-worksheet to improve problem-solving skills in reaction rate materials. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 12(2), 126-137. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/28056

Diterbitkan

2024-06-08

Cara Mengutip

Tariza Putri Alpianti, N. ., & Nor Amelia, R. (2024). Infusing Learners’ Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 13(2), 83–99. https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p83-99

Terbitan

Bagian

Implementation of Digital Technology in Science Education
Abstract views: 344 , PDF Downloads: 578