Infusing Learners' Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p83-99Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran sains karena kemampuan ini memandu siswa dalam menemukan konsep-konsep sains sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI) dan menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan. perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test-post-test pada dua kelas (64 siswa) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah berbentuk essay yang terbukti memiliki karakteristik psikometrik yang baik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI), dan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen (N-Gain kategori tinggi) dan kelas kontrol (N-Gain kategori sedang). Dengan demikian, Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan dengan model PBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kebaruan: Penelitian sebelumnya belum menggunakan Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan ke dalam model PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.