Infusing Learners' Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution

Authors

  • Neng Tariza Putri Alpianti Universitas Negeri Semarang
  • Rizki Nor Amelia Amelia Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p83-99

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran sains karena kemampuan ini memandu siswa dalam menemukan konsep-konsep sains sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI) dan menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan. perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test-post-test pada dua kelas (64 siswa) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah berbentuk essay yang terbukti memiliki karakteristik psikometrik yang baik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Lembar Kerja Socio-Scientific Issues (SSI), dan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen (N-Gain kategori tinggi) dan kelas kontrol (N-Gain kategori sedang). Dengan demikian, Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan dengan model PBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kebaruan: Penelitian sebelumnya belum menggunakan Lembar Kerja SSI yang diintegrasikan ke dalam model PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Tariza Putri Alpianti, N. ., & Nor Amelia Amelia, R. . (2024). Infusing Learners’ Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 13(2), 83–99. https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p83-99

Issue

Section

Articles
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 102