English English

Penulis

  • Dwi Safitri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • DWI SAFITRI UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Taufik Taufik UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Julia Astuti Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p129-142

Kata Kunci:

Critical Thinking , Interactive Magazine , Local Wisdom , Problem-Based Learning

Abstrak

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbasis kearifan lokal berbantuan majalah interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode: Metode yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen dengan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket. Hasil: Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa sangat baik dengan persentase masing-masing 96,64% dan 91,96%. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berbeda secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kategori keterampilan berpikir kritis yang awalnya kurang meningkat menjadi kategori kritis setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah yang berfokus pada kearifan lokal berbantuan majalah interaktif. Selain itu, pembelajaran dengan menggunakan majalah interaktif juga menarik, efektif, dan praktis bagi siswa. Kebaruan: Penelitian ini mengkhususkan masalah yang diberikan pada materi atau isu-isu yang berkaitan dengan kearifan lokal Malaysia untuk siswa Indonesia. Selain itu, model implementasi dibantu dengan media interaktif untuk memperkuat efeknya.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 1-10. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c(communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking) untuk menyongsong era abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 1-10.

Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Nilacakra.

Avitrananda, K. S. (2020). Implementasi problem based learning berbasis kearifan lokal kebun teh kaligua dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 4(1), 1-10. https://doi.org/10.24905/jpmp.v4i1.1736

Awami, F., Syamsuri, S., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.30653/003.202281.200

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 1-10.

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the problem based learning (PBL) model to improve student learning outcomes in class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.10

Fuaidah, N., Madlazim, M., & Agustini, R. (2020). Learning device requirement science education by problem based learning (PBL) to increase high order thinking skills junior high schools. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1-10. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1797-1803

Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh model problem based learning berbasis blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas xi di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 1-10. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.603

Hakim, Y. E., & Rahman. (2023). 21st century learning based on 4c skills (critical thinking, communication, collaboration and creativity and innovation) against literacy culture in elementary schools. International Conference on Elementary Education, 5(1), 1-10.

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1-10. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924

Hasibuan, L., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis di tinjau dari minat belajar matematika siswa selama pandemi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 1-10. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.2737

Isrotun, U. (2022). Analisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal kabupaten pekalongan mata pelajaran ipas kelas IV sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(2), 1-10. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.188

Jannah, M., & Budiman, I. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 1-10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%p

Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan e-magazine berbasis multipel representasi untuk pembelajaran kimia di sma pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.10131

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1-10. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3217

Lestari, V., Imansyah, F., & Fakhrudin, A. (2022). Pengaruh model problem based learning berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.266

Mahmudah, R. Z., & Nugraha, M. S. (2024). Implementation of the problem based learning model to improve critical thinking skills of madrasah Aliyah santri students. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.19109/9br3ze74

Maria, M., Riswandi, R., & Pujiati, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 1-10. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/265-274

Marpaung, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.6

Munawaroh, S., Ahmadah, I. F., & Purbaningrum, M. (2021). E-magmath berbasis flipbook pada materi himpunan di kelas VII SMP/MTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 1-10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%p

Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan model pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.22972

Prabowo, S. (2021). Pengembangan majalah digital interaktif sebagai media pembelajaran berbasis project based learning pada materi pelajaran batik untuk meningkatkan kreativitas membatik siswa kelas VII Di MTS Negeri 3 Bantul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(1), 1-10. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17568

Pratiwi, I., & Mawardi. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan audio visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 1-10. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49668

Rahardhian, A., Astuti, I., & Maria, H. T. (2023). Pengembangan media digital stem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hukum Archimedes. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 1-10.

Rahmayani, E. S., & Fadly, W. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil pratikum. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.765

Ridho, S., Wardani, S., & Saptono, S. (2021). Development of local wisdom digital books to improve critical thinking skills through problem based learning. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.15294/jise.v9i1.37041

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Nazliah, R. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ipa melalui pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.1948

Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.744

Rosmaini, R. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4767

Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas pembelajaran ipa berbasis etno-stem dalam melatihkan keterampilan berpikir analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan stem pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 20-30. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 20-30. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Suswati, U. (2021). Penerapan problem based learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 30-40. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal Of Science And Social Research, 4(3), 30-40. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 1-10. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., & Fartina, F. (2020). The effect of PBL model based local wisdom towards student learning achievements on critical thinking skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.129

Syukur, S. W., & Sutrisno, A. B. (2023). Bahan ajar IPA terpadu dengan wawasan kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.319

Tania, D. K. kusnia, Nina Kadaritna, Lisa. (2018). Efektivitas Model ADI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Zat Aditif-Adiktif Ditinjau dari Gender. http://repository.lppm.unila.ac.id/11780/1/15914-35681-1-PB.pdf

Ulfa, I., & Kanigara, R. rahmat. (2024). The application of the problem based learning model on measurement materials in grade 3 of elementary school. JURNAL SINTAK, 2(2), 20-30. https://doi.org/10.62375/jsintak.v2i2.222

Wahyuni, Y. D., Mustari, M., & Yuberti, Y. (2024). Pengembangan majalah digital berbasis pendekatan kontekstual menggunakan aplikasi canva pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.56916/jipi.v3i1.645

Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar ditinjau dari gaya belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11, 1501. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2024-06-08

Cara Mengutip

Safitri, D., SAFITRI, D., Taufik, T., & Astuti, J. (2024). English English. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 13(2), 129–142. https://doi.org/10.26740/jpps.v13n2.p129-142

Terbitan

Bagian

Culture Studies in Science Education Based Digital Technology
Abstract views: 376 , PDF Downloads: 474