PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA TOPIK LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1340-1347Keywords:
inkuiri terbimbing, praktikum, penguasaan konsep, dan sikap ilmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada materi laju reaksi terhadap penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA swasta di Kota Bogor kelas XI IPA pada tahun ajaran 2016/2017. Populasi berjumlah 192 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang dibagi ke dalam 31 siswa mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum dan 29 siswa mengikuti pembelajaran tradisional. Pengumpulan data dilakukan melalui test penguasaan konsep laju reaksi dan angket sikap ilmiah dengan skala likert. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum (rata-rata 80,7) dan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran tradisional (rata-rata 74,8). Sikap ilmiah siswa juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berbasis praktikum (rata-rata 3,2) dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti pembelajaran tradisional (rata-rata 2,2). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum dapat meningkatkan penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-06-16
How to Cite
Sundari, T., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2017). PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA TOPIK LAJU REAKSI. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1340–1347. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1340-1347
Issue
Section
Articles
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)