Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Media Pop Up Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 1 SMA Siliwangi Bogor

Fanny Nadia Hardjo, Rita Retnowati, Teti Rostikawati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian 23 siswa kelas XI IPA-1 di SMA Siliwangi Bogor. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi melalui penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan edia Pop Up Card. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan tes dengan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model STAD dengan media Pop Up Card dapat meningkatkan hasil belajar biologi, terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,1 dan siklus 2 sebesar 77,0; sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 78,01% dan pada siklus 2 menjadi 84,46%. Berdasarkan hasil yang dicapai maka dapat disimpulkan penggunaan model Student Teams Achievement Divisions dengan media Pop Up Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  biologi siswa di kelas XI IPA-1 di SMA Siliwangi Bogor.


Keywords


Model pembelajaran Student Teams Achievement Division, Pop Up Card, dan Hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics
Abstract view: 47 times
PDF: 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fanny Nadia Hardjo, Rita Retnowati, Teti Rostikawati



Publisher

Science Education
Postgraduate School
Universitas Negeri Surabaya
Jl Ketintang, Gd K4 lt. 02, Surabaya 60231, Indonesia
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
Email: jpps@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf

Indexing by:

Copyright (c) Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS)

ISSN 2549-1597 (Online) and ISSN 2089-1779 (Print)