Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Media Pop Up Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 1 SMA Siliwangi Bogor

Authors

  • Fanny Nadia Hardjo Universitas Pakuan Bogor Jawa Barat
  • Rita Retnowati Universitas Pakuan Bogor Jawa Barat
  • Teti Rostikawati Universitas Pakuan Bogor Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1334-1339

Keywords:

Model pembelajaran Student Teams Achievement Division, Pop Up Card, dan Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian 23 siswa kelas XI IPA-1 di SMA Siliwangi Bogor. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi melalui penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan edia Pop Up Card. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan tes dengan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model STAD dengan media Pop Up Card dapat meningkatkan hasil belajar biologi, terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,1 dan siklus 2 sebesar 77,0; sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 78,01% dan pada siklus 2 menjadi 84,46%. Berdasarkan hasil yang dicapai maka dapat disimpulkan penggunaan model Student Teams Achievement Divisions dengan media Pop Up Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  biologi siswa di kelas XI IPA-1 di SMA Siliwangi Bogor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

How to Cite

Hardjo, F. N., Retnowati, R., & Rostikawati, T. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Media Pop Up Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 1 SMA Siliwangi Bogor. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1334–1339. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1334-1339

Issue

Section

Articles
Abstract views: 925 , PDF Downloads: 1179