HUBUNGAN MISKONSEPSI SISWA SMP TERHADAP HAKIKAT SAINS DAN TERHADAP KONSEP SAINS

Umu Kulsum, Suyono Suyono, Suyatno Suyatno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji sebuah tesa (pernyataan peneliti) bahwa ada keterhubungan antara beban miskonsepsi siswa SMP terhadap hakikat  sains dengan beban miskonsepsi siswa terhadap konsep sains. Menguji tesis ini peneliti mengembangkan dua paket soal tes miskonsepsi yang disertai CRI (Certainty of Respons Index), yaitu (1) paket soal diagnosis pemahaman hakikat sains dan (2) paket soal diagnosis pemahaman konsep sains untuk level SMP. Sasaran penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Surabaya sejumlah 108 siswa masing-masing 36 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Paket soal hakikat sains sama untuk siswa pada ketiga jenjang kelas, sedangkan paket soal konsep sains dibedakan untuk masing-masing jenjang. Butir soal pemahaman konsep sains adalah soal-soal konsep yang diambil dari soal UNAS SMP 2012-2013. Uji keterhubungan menggunakan statistika non parametrik, chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada keterhubungan yang signifikan antara beban miskonsepsi siswa terhadap hakikat sains dengan beban miskonsepsi terhadap konsep sains pada siswa kelas VII dan VIII, sedangkan untuk siswa kelas IX tidak ada hubungan yang signifikan.


Keywords


Miskonsepsi, CRI, Hakikat Sains, Konsep Sains

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Peneilitian Pendidikan Sains bekerjsama dengan PPII

dan telah terindeks di: