HUBUNGAN MISKONSEPSI SISWA SMP TERHADAP HAKIKAT SAINS DAN TERHADAP KONSEP SAINS

Authors

  • Umu Kulsum Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Suyatno Suyatno Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1324-1333

Keywords:

Miskonsepsi, CRI, Hakikat Sains, Konsep Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sebuah tesa (pernyataan peneliti) bahwa ada keterhubungan antara beban miskonsepsi siswa SMP terhadap hakikat  sains dengan beban miskonsepsi siswa terhadap konsep sains. Menguji tesis ini peneliti mengembangkan dua paket soal tes miskonsepsi yang disertai CRI (Certainty of Respons Index), yaitu (1) paket soal diagnosis pemahaman hakikat sains dan (2) paket soal diagnosis pemahaman konsep sains untuk level SMP. Sasaran penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Surabaya sejumlah 108 siswa masing-masing 36 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Paket soal hakikat sains sama untuk siswa pada ketiga jenjang kelas, sedangkan paket soal konsep sains dibedakan untuk masing-masing jenjang. Butir soal pemahaman konsep sains adalah soal-soal konsep yang diambil dari soal UNAS SMP 2012-2013. Uji keterhubungan menggunakan statistika non parametrik, chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada keterhubungan yang signifikan antara beban miskonsepsi siswa terhadap hakikat sains dengan beban miskonsepsi terhadap konsep sains pada siswa kelas VII dan VIII, sedangkan untuk siswa kelas IX tidak ada hubungan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-16

How to Cite

Kulsum, U., Suyono, S., & Suyatno, S. (2017). HUBUNGAN MISKONSEPSI SISWA SMP TERHADAP HAKIKAT SAINS DAN TERHADAP KONSEP SAINS. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1324–1333. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1324-1333

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1008