Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Syukrimansyah Syukrimansyah, Muhammad Hasan, Rini Safitri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan judul pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan PACE  pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Takengon. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods desain embedded experimental Model. Pendekatan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Metode ini terdiri dari dua proses pokok, yaitu jenis penelitian kuantitatif disertai dengan penelitian  kualitatif  yang embedded di dalamnya, dan proses interprestasi kualitatif didasarkan pada hasil penelitian. Rancangan penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Experimental design  menggunakan rancangan The One Group Pretest Posttest Design. Angket untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul Pace dalam pembelajaran. Hasil uji normalitas dan homogenitas  menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t diperoleh t hitung>ttabel (4,55 >2,02)  artinya terjadi perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Pace. Selain itu siswa  juga memberikan tanggapan yang positif  terhadap penggunaan modul PACE, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul PACE dapat meningkatkan motivasi siswa.


Keywords


Modul, PACE,Motivasi.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Peneilitian Pendidikan Sains bekerjsama dengan PPII

dan telah terindeks di: