Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Faizah Muna Nabila, Abdul Gani, Habibati Habibati

Abstract


Telah dilakukan penelitian dengan judul pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan eksperimen. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 dan 31 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes (tes awal dan ulangan harian) serta lembar observasi sikap. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t untuk membuktikan hipotesis serta rumus persentase. Berdasarkan uji hipotesis hasil yang diperoleh yaitu Ho diterima karena hasil thitung< ttabel yaitu 1,853 < 2,0409. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sedikit lebih tinggi dari kelas kontrol dengan persentase sebesar 73 > 69,66%. Penilaian sikap secara klasikal diolah dengan menggunakan rumus persentase dengan hasil rata-rata sebesar 74,8% pada kelas eksperimen dan 73,16% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon.

Keywords


Scaffolding, Ketuntasan Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon.

Full Text:

PDF

Article Metrics
Abstract view: 10 times
PDF: 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Faizah Muna Nabila, Abdul Gani, Habibati Habibati



Publisher

Science Education
Postgraduate School
Universitas Negeri Surabaya
Jl Ketintang, Gd K4 lt. 02, Surabaya 60231, Indonesia
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
Email: jpps@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf

Indexing by:

Copyright (c) Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS)

ISSN 2549-1597 (Online) and ISSN 2089-1779 (Print)