PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Aji Siswaji, Soeparman Kardi, Imam Supardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan yang bertujuan mengembangkan instrumen pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan mengadaptasi model 4-D, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pada pembelajaran di kelas menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas perangkat pembelajaran yang meliputi: (a) Validitas komponen RPP dengan skor rata-rata 4,09 (sangat baik), (b) Rerata skor BAS yang meliputi sub komponen kelayakan isi 3,53 (sangat baik), kebahasaan 3,43 (sangat baik), penyajian 3,42 (sangat baik), (c) Rata-rata skor validasi LKS 4,32 (sangat baik), (d) Soal pretest-posttest yang valid. (2) Keterlaksanaan KBM rata-rata 3,86 (sangat baik), aktivitas siswa mempunyai indeks reliabilitas rata-rata 90% dengan kegiatan paling dominan berdiskusi dalam merumuskan kesimpulan. Analisis N-Gain hasil belajar siswa menunjukkan: 42% siswa mengalami peningkatan sedang dan 58% siswa mengalami peningkatan yang tinggi. Respon siswa menunjukkan tertarik, mudah dan berminat dalam mengikuti KBM. Berdasarkan hasil-hasil analisis data dalamĀ  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa SMA.

Keywords


Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, hasil belajar

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Peneilitian Pendidikan Sains bekerjsama dengan PPII

dan telah terindeks di: