PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1302-1309Kata Kunci:
Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan yang bertujuan mengembangkan instrumen pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan mengadaptasi model 4-D, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pada pembelajaran di kelas menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas perangkat pembelajaran yang meliputi: (a) Validitas komponen RPP dengan skor rata-rata 4,09 (sangat baik), (b) Rerata skor BAS yang meliputi sub komponen kelayakan isi 3,53 (sangat baik), kebahasaan 3,43 (sangat baik), penyajian 3,42 (sangat baik), (c) Rata-rata skor validasi LKS 4,32 (sangat baik), (d) Soal pretest-posttest yang valid. (2) Keterlaksanaan KBM rata-rata 3,86 (sangat baik), aktivitas siswa mempunyai indeks reliabilitas rata-rata 90% dengan kegiatan paling dominan berdiskusi dalam merumuskan kesimpulan. Analisis N-Gain hasil belajar siswa menunjukkan: 42% siswa mengalami peningkatan sedang dan 58% siswa mengalami peningkatan yang tinggi. Respon siswa menunjukkan tertarik, mudah dan berminat dalam mengikuti KBM. Berdasarkan hasil-hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa SMA.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2017-06-16
Cara Mengutip
Siswaji, A., Kardi, S., & Supardi, I. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1302–1309. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1302-1309
Terbitan
Bagian
Implementation of Digital Technology in Science Education
Abstract views: 637
,
PDF Downloads: 481










