PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL

Authors

  • Anggi Desviana Siregar Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Lenni Khotimah Harahap Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931

Keywords:

e-modul, project based learning, media komputasi hyperchem, bentuk molekul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik (E-Modul) berbasis project based learning terintegrasi media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul. Pengembangan e-modul sebagai implementasi teknologi, informasi dan komunikasi dalam media pembelajaran di Universitas Negeri Medan. E-modul disusun sesuai kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar uji kelayakan e-modul berdasarkan BSNP  dan tes hasil belajar mahasiswa untuk uji coba penggunaan e-modul. E-modul dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 21.0 for  windows. E-modul yang dikembangkan telah divalidasi menggunakan skala likert pada aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan.  Hasil validasi terhadap e-modul diperoleh nilai rata-rata keseluruhan dari keempat aspek sebesar 3,64 yang dinyatakan sangat layak untuk digunakan mahasiswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba penggunaan e-modul diperoleh n-gain pretest dan posttest hasil belajar mahasiswa sebesar 0,78 yang tergolong kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. <em>Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam</em>, <em>8</em>(1), 31-43.</p><p>Duwiri, Y.I. dan Siregar, T. (2016). Pengembangan Modul Kimia Topik Sifat Larutan Asam Basa Kelas XI IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Siswa di SMA Negeri 1 Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. <em>Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia </em><strong>4(1)</strong>: 54-65.</p><p>Effendy. (2008). <em>Teori VSEPR, Kepolaran dan Gaya Antar Molekul</em>. Edisi 2. Malang: Bayumedia Publishing</p><p>Good, J.J., Woodzicka, J.A., dan Wingfield, L.C. (2010). The Effects of Gender Stereotypic and Calcer-Stereotypic Textbook Images on Science Performance. <em>The Journal of Social Psychology </em><strong>150(2)</strong>:<strong> </strong>132147.</p><p>Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., &amp; Hamdiani, S. (2017). Praktikum Kimia Berbasis Kimia Komputasi Untuk Sekolah Menengah Atas. <em>Jurnal Pijar Mipa</em>, 12(1).</p><p>Kalay, B. A. (2018). Identifikasi Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Bentuk dan Kepolaran Molekul dengan Teknik Certainity of Response Index (CRI) dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI). <em>DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.</em><em></em></p><p><strong> </strong></p><p>Machtmes, K., Johnson, E., Fox, J. dan Burke, M.S. (2009). Teaching Qualitative  Research Methods through Service-Learning. <em>The Qualitative Report </em><strong>4(1)</strong>:<strong> </strong>155-165.</p><p>Muttaqin, N. H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi Dan Media Hyperchem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. <em>Doctoral dissertation</em>, Universitas Sebelas Maret.</p><p>Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 <em>tentang Penetapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)</em>. Jakarta</p><p>Prastowo, A. (2012). <em>Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif</em>. Yogyakarta: Diva Press.</p><p>Sart, G. (2014). The effects of the development of metacognition on project-based learning. <em>Procedia-Social and Behavioral Sciences</em>, 152, 131-136</p><p>Simarmata, E. A, Gede S. S, Dewa G. H. D. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran <em>Project Based Learning</em> Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan. <em>Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (online)</em>, Volume 6, No.1</p><p>Situmorang, M dan Situmorang AA., (2014), Efektivitas Modul Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pengajaran Laju Reaksi, <em>Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan</em> <strong>20(2)</strong>: 139-147.</p><p>Suarsana dan Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. <em>Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)</em> (online),Volume 2, No. 2.</p><p>Wasonowati, R.R. (2014). Penerapan Model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. <em>Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) </em><strong>3(3)</strong></p>

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Siregar, A. D., & Harahap, L. K. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925–1931. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3218 , PDF Downloads: 4048 , PDF Downloads: 0