Dampak Pola Asuh Orang Tua Workaholic Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 1-3 Tahun Di TPA Sekolah Laboratorium Paud Yasmin

Dampak Pola Asuh Orang Tua Workaholic Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 1-3 Tahun Di TPA Sekolah Laboratorium Paud Yasmin

Penulis

  • Arindra Oktavianti Universitas Jember

Kata Kunci:

Orang tua workaholic, perkembangan sosial emosional, anak usia dini

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi keluarga saat ini tidak jauh dari kesibukan orang tua yang bekerja. Workaholic adalah sebutan untuk orang tua yang bekerja atau gila kerja. Karena kesibukannya mengakibatkan orang tua kurang memiliki waktu untuk mengasuh, mendidik dan membimbing anak sehingga orang tua menitipkan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pola asuh workaholic terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TPA Sekolah Laboratorium Paud Yasmin. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua pola asuh yang terjadi di TPA Sekolah Laboratorium Paud Yasmin yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Dampak pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial emosional yaitu anak mudah bergaul dengan temannya, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mampu bekerja sama dengan baik, cepat tanggap, dan memiliki sikap sopan santun. Sedangkan dampak pola asuh otoriter terhadap perkembangan sosial emosional yaitu anak kurang bisa menghargai, kurang bisa bergaul dengan teman, dan sulit menyesuaikan diri dalam situasi sosial.

Referensi

Aliyah Rasyid Baswedan. 2015. “Wanita, Karir dan Pendidikan Anak”. Yogyakarta: Ilmu Giri.

Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Hurlock, EB. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Edisi kelima.Tej.Juda Dumanik dan Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga Shochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Rineka Cipta: Jakarta.

Sri Lestari. 2013. “Psikologi Keluarga”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryana, Dadan. 2016. “Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak.”

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14. 08 Juli 2003. Jakarta.

Wahyuning, W., Jash & Rahmadiana. M. (2003). Mengkomunikasikan moral kepada anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winanti. Aries. Noryta. (2006). “Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive, Dan Authoritative”. Jurnal Psikologi Vol, 4 No 2, 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 133