HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE DENGAN POLA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Kata Kunci:
Aplikasi, Belanja Online, Pola Hidup KonsumtifAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi belajar online dengan pola hidup konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Penelitian deskriptif korelasi adalah cara untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan tambahan dan manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Lokasi penelitian ini adalah di Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 s/d Desember 2022. Sampel penelitian ini adalah 35 mahasiswa. Berdasarkan analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola hidup konsumtif (Y) atas penggunaan aplikasi belanja online (X) Dari rtabel product moment pada taraf 5% dengan jumlah responden 33 orang siswa diperoleh r tabel sebesar 0,27. Dengan demikian harga rhitung > rtabel yaitu 0,57 > 0,27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Signifikan Penggunaan Aplikasi Belanja Online Dengan Pola Hidup Konsumtif Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh Kd =r^2 x 100% = ?(0,323)?^2 x 100% = 10,43% pola hidup konsumtif mahasiswa di jurusan pendidikan masyarakat dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi belaja online, sisanya 89,57% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Referensi
Amaliya, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya dan Status Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Jurnal Sosial, Volume 3 Nomor 2.
Haryani, I., & Herwanto, J. (2017). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi. 2(1), 5-11.
Hasugian. (2018). Pemanfaatan Internet Studi Kasus Tentang Pola, Manfaat, dan Tugas penggunaan Internet Oleh Mahasiswa Pada Perpustakaan USU. Jurnal Komputer. 3(2).
Loekamto, A. (2017). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol 1 No 3.
Noor Fatmawati. (2020). Gaya Hidup Mahasiswa Dengan Adanya Online Shop.Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 1(29).
Ridha Ardila. (2017). Pengaruh Online Shop pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FISIP USU. Medan: Tidak Diterbitkan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2018). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (2nd ed.; R. Sikumbang, ed.). Bogor: Benteng Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putri Melani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

