Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini

Penulis

  • Fanny Ulina Sari Sitompul Fanny Ulina Sari Sitompul Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pendidikan Keaksaraan, Anak Usia Dini, Media Audiovisual

Abstrak

Penelitian ini memiliki latar belakang pentingnya pendidikan keaksaraan menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berhitung dan berbahasa sebagai upaya peningkatan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini di Lingkungan Sukaraja Kota Medan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penulis mengambil lokasi yaitu di Kecamatan Medan Maimun Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil temuan yang didapat dari observasi yang dilakukan dan juga wawancara dari beberapa responden menyatakan bahwa keaksaraan awal pada anak-anak masih kurang dan minat belajar dari anak-anak masih tergolong rendah. Kemudian dalam penelitian ini dilakukan proses pembelajaran menggunakan media audiovisual unutuk menganalisis apakah penggunaan media akan berpengaruh terhadap kemampuan anak. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan juga bahwa media pembelajaran merupakan hal penting untuk proses pembelajaran, media pembelajaran yang kreatif akan menghasilkan minat belajar yang tinggi dan dari minat tersebut maka proses pembelajaran dapat dikatakan sempurna ketika partisipasi dari warga belajar antusias dalam proses tersebut dan pengetahuan anak didik dapat terlatih dan terfokus pada materi pembelajaran.

Referensi

Archer D., and Cottingham S., (1996), Regenerated Freirean Literacy Through Empowering Community Techniques, London: Actionaid

Arif S Sadiman, R Rahardjo, Anang Haryono, Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Harjanto. 2010 .Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904

Kemp dan Smellie. 1989. Planning, Producing, and Using Instructional Media. Harper & Row, Publishers, New York. Sixth Edition.

Matin, R., Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran POP-UP BOOK Anak Usia Dini Pada Kelompok B untuk, 2(2)

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

Undang-Undang No.20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Diterbitkan

2023-05-03
Abstract views: 109 , PDF Downloads: 87