Manajamen Waktu Belajar Remaja Pengunjung Coffee Shop di desa Merek kecamatan Metek kabupaten Karo

Penulis

  • Emya Tirani Munthe Medan Estate University

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagimana manajemen waktu belajar pada remaja pengunjung coffee shop di desa Merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang pengunjung rutin di 2 coffee shop yang berusia 13-18 tahun di desa Merek Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diukur menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat aspek manajemen waktu belajar, diantaranya yaitu : 1) membuat rencana, dimana sudah terdapat remaja pengunjung coffee shop yang membuat rencana kegiatan akan tetapi belum terlaksana dengan maksimal 2) menyusun jadwal, remaja pengunjung coffee shop sudah menyusun jadwal dengan baik sebelum melakukan kegiatan. 3) menetapkan prioritas, remaja pengunjung coffee shop sudah mampu menetapkan prioritas dengan baik, hal ini dikarenakan remaja mengutamakan menyelesaikan tugas sekolah terlebih dahulu. 4) menghindari penundaan, pada aspek ini, remaja belum mampu menghindari penundaan dengan baik, dikarenakan mayoritas remaja pengunjung coffee shop masih menunda mengerjakan tugas sekolah. Adapun faktor penghambat manajemen waktu belajar pada remaja pengunjung coffee shop adalah karena remaja yang suka memilih-milih tugas mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu, selain itu remaja cenderung menunggu deadline dalam menyelesaikan tugasnya.

Referensi

Abdillah, L A Et Al. 2020. Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.

Aprilia, A.D.T. 2016. Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Performansi Kerja Pada Mahasiswa yang Bekerja di PT. X Yogyakarta. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma.

Arif S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007), Cet10, hlm. 21.

Badan Pusat Statistik[BPS].2020.Kecamatan Merek dalam Anggka 2020: Badan Pusat Statistik Kabupaten Karo.

Dale Timpe, A. 2002. Mengelola Waktu. Jakarta: Gramedia.

Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Erlangga,2003), hal.206

Endang Sri Astuti dan Resminingsih., (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid 1.Jakarta: Grasindo.

Jhon W. Santrock, Adolescence Perkembangan Remaja, (Jakarta: Erlangga,2007), hal.23.

Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Mafirah, Siti. (2018). TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.

Mujahidah, Indah Nur. (2014). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nana, Sudjana, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), hlm. 28

Nasrul, D. F. Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19.

Nugraha, A., Hartini, S., & Muyana, S. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TENTANG MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SEWON. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 3(2).

Nurjannah, S., Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2020). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BALIKPAPAN. Nabla Dewantara, 5(1), 37-46.

Razali, dkk. (2017). The Impact of Time Management on Students? Academic Achievement. Journal of Physics, Malaysia

Sarwono, Sarlito W. (2016). Psikologi remaja, Jakarta: Rajawali Pers.

Sasmita E. (2013). Pengaruh kesiapan belajar, disiplin belajar, dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sitanggang, N, J Simarmata, P L A Luthan, And T Limbong. 2019. Pengantar Konsep Manajemen Proyek Untuk Teknik. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Srijanti, dkk. 2007. Etika Membangun sikap Profesionalisme sarjana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Timpe, D. (2013). Seri Sumber Daya Manusia Mengelola Waktu. Gramedia.

Diterbitkan

2024-05-20
Abstract views: 202 , PDF Downloads: 83