Hubungan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19 terhadap Keaktifan Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur
Kata Kunci:
pembelajaran daring, keaktifan warga belajar, PKBMAbstrak
Pembelajaran Daringg merupakan proses belajar yang dilakukan tanpa tatap muka dan bisa di manapun berada dengan menggunakan sambungan internet, pembelajaran daring menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi proses pembelajaran daring, keaktifan warga belajar, dan hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan warga belajar. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 120 peserta didik. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) proses pembelajaran daring program pendidikan kesetaraan paket C dipusat kegiatan Belajar mayarakat (PKBM) dalam kategori sangat baik. (b) keaktifan warga belajar program pendidikan kesetaraan paket C dalam kategori sangat baik dan (c) terdapat hubungan pembelajarann daring di era pandemii Covid 19 terhadap keaktifan warga belajar program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Se-Kabupaten Malang.
Referensi
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi
Kamil, 2011. Pendidikan Nonformal : pengembagan melalui pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Indonesia, Bandung : Alfabeta.
Mar’ah, Nur Khariyah, Dkk. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.
Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120.
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Peserta Didik Kelas Iii Sd Factors Influencing Study Activeness of Students Studying in Grade Iii. 2(02), 53–60. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/397
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
SIMANJUNTAK, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. 3(2), 289–295.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Surahman, F., Oktaviana, R., & Dewi, T. M. (2021). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDS 018 PLUS AVICENA TAHUN AJARAN 2020 / 2021. 2(2), 76–80.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Wulaningsih, T., Sihite, E. B. R., Utami, I. S., & Nabila, S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid -19 the Online Learning Process Durn the Covid- 19 Pandemic. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program Vokasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri, 1(1).
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fikri Firdaus, Edi Widianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.