Kemitraan Antara BLK dan Dunia Usaha Dunia Industri Dalam Penguatan Kompetensi Peserta Pelatihan

Penulis

  • Ika Nurida Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Universitas Jember
  • Frimha Purnamawati Universitas Jember

Kata Kunci:

Pelatihan, Kemitraan, Kompetensi

Abstrak

Penyelenggaraan program pelatihan seringkali lulusannya tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, hal ini dikarenakan kurang link and match terhadap kebutuhan industri. Oleh karena nya dibutuhkan kemitraan antara lembaga pelatihan dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai penguna tenaga kerja, sebagai salah satunya instansi pelatihan yang menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri adalah UPT Balai Latihan Kerja Mojokerto. Untuk menciptakan kemitraan yang strategis sehingga mampu menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas BLK membentuk  sebuah forum komunikasi antara lembaga pelatihan dan industri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemitraan antara BLK dan dunia usaha dunia industri (DUDI) dalam penguatan kompetensi peserta pelatihan. Metode penelitian ini mendeskripsikan kemitraan yang dilakukan oleh pihak BLK Mojokerto yaitu berupa bentuk kemitraan dan proses pelaksanaan kemitraan. Pada setiap kemitraan yang dilakukan menghasilkan beberapa bentuk dan juga proses pelaksanaan kemitraan guna meningkatkan kompetensi peserta pelatihan yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja.

Biografi Penulis

Arief Tukiman Hendrawijaya, Universitas Jember

Dosen Pendidikan Luar Sekolah

Referensi

Arifin, Z. (2021). PENGEMBANGAN POLA KEMITRAAN SMK – DUNIA INDUSTRI. Prosiding Seminarr Nasional Pendidikan Teknik Mesin.

Darmawan, D. (2017). PENERAPAN MODEL PELATIHAN ON THE JOB TRAINING (MAGANG) DALAM PELATIHAN OTOMOTIF YANG DI SELENGGARAKAN OLEH BALAI PELAYANAN PENDIDIKAN NONFORMAL PROVINSI BANTEN. 154-155.

Haloho, E. (2019). MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIKAN TINGGI. Mutiara Manajemen, 442.

Herlina. (2018). URGENSI KEMITRAAN BAGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL. 3.

Ixtiarto, B. (2016). KEMITRAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Pendidikan Ilmu Sosial, 60.

Jamaludin, & Pawirosumarto, S. (2017). PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus di SMK Karya Fajar Kecamatan Petir Kabupaten Serang Provinsi Banten). Jurnal SWOT, 242.

Kamil, M. (2010). Strategi Kemitraan Dalam Membangun PNF Melalui Pemberdayaan Masyarakat. 11.

Kristiyanto, B. N. (2019). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI KERJASAMA YANG EFEKTIF SMK DENGAN DUNIA USAHA. 124.

Kusnadi, I. H. (2019). Efektifitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja di Kabupaten Subang. Jurnal Unsub, 104.

Maringan, K., Pongtuluran, Y., & Maria, S. (2016). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, SIKAP KERJA DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN. Jurnal Ekonomi dan keuangan, 139.

Mulyana, A., Sukomo, & Marsiana Suhendi, R. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP. Bussines Management and Entrepreunrship, 21.

Suhartanta, & Arifin, Z. (2009). Jejaring Kerjasama sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Dan Daya Saing Lulusan Pendidikan Kejuruan. Artikel Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia, 472.

Sujanto, A. (2016). PENGEMBANGAN KEMITRAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA. INFOKAM, 64.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12
Abstract views: 231 , PDF Downloads: 267