PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DARI BARANG BEKAS DAN BAHAN ALAM SEBAGAI UNJUK KREATIVITAS PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KB TUNAS CENDEKIA CERME KIDUL, CERME, GRESIK
Kata Kunci:
Media pembelajaran, kreativitas, pendidik AUDAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan media pembelajaran loose part dari barang bekas dan bahan alam serta mengetahui kreativitas pendidik AUD. Lembaga PAUD berlomba-lomba untuk mengembangkan kreativitasnya dalam pembelajaran. Pendidik setiap daerah menginginkan pendidikan yang baik salah satunya di desa Cerme Kidul, Cerme, Gresik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, redusi data, serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran loose part yaitu (1) perencanaan, pendidik membuat rencana pembelajaran dan menentukan tujuan pembelajaran; (2) penyajian, pendidik memberikan pengantar; (3) penerapan, pendidik menerapkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran; (4) lanjutan, pendidik mempunyai kegiatan dalam mengkaji ulang media pembelajaran yang telah dipakai dan diterapkan lagi dalam pembelajaran dengan konsep yang berbeda. Sementara itu unjuk kreativitas pendidik AUD Tunas Cendekia dilihat dari sikap yaitu (1) fleksibel, (2) responsif, dan (3) komunikatif.
Referensi
Arzu & nezlihan The Treasure in Nature! Loose Part Theory, Turkey, Lecturer (0nline), (https://www.academia.edu/35561697/The_Treasure_in_Nature_Loose_Part_Theory?auto=download) diakses 10 Desember 2019
Yuniarti, Sri. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi: Balita dan Anak Prasekolah. Bandung : PT Refika Aditama.
Agung, Iskandar. (2010) Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Jakarta : Penerbit Bestari Buana Murni
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, S.C. Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta.
Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia.
A. Fatah Yasin. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Abu Anwar, 2011. Modul Pengembangan dan Pengemasan Media Pembelajaran. Pekanbaru. Zanafa Publishing (online) Za'imul umam (https://www.academia.edu/36534949/LANGKAH_LANGKAH_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN) Diakses Pada 19 Februaari 2020.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Ar-ruzz Media (online) (http://repository.unpas.ac.id/30778/7/BAB%20II.pdf) diakses pada 9 April 2020
Kemp dan Dayton. (1985:28) dalam kutipan Arsyad (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada. (online) (https://eprints.uny.ac.id/9668/3/bab%202%20-%2008205244010.pdf) diakses pada 9 April 2020
Basyiuddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputar Press. (online) (https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10672/05.2%20bab%202.pdf?sequence=5&isAllowed=y) diakses pada 9 April 2020
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. (online) https://eprints.uny.ac.id/18547/4/BAB%20II%20%20%2810416241023%29.pdf diakses pada 9 April 2020
Costa, Arthur L dan Bena Kallick. 2012. Belajar dan Memimpin dengan Kebiasaan Pikiran. Jakarta: PT. Indeks
Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi, divisi Penerbit Erlangga.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

