PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TEMA PERAN DAN FUNGSI SUMBER DAYA ALAM

Authors

  • Gita Nurmareta Sari Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p23-31

Keywords:

pengembangan perangkat digital, pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan perangkat pembelajaran digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peran dan fungsi sumber daya alam; dan (2) untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran digital yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peran dan fungsi sumber daya alam.

Penelitian ini adalah penelitian R & D atau penelitian pengembangan. Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain penelitian ini menggunakan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Fokus penelitian adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang menghasilkan produk berupa silabus, RPP, BAS, LKS, instrumen penilaian pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis, dan media.

Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas perangkat pembelajaran, dengan menggunakan rumus percentage of agreement. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yang terdiri dari silabus, RPP, BAS, LKS, Tes pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis, dan media  memiliki kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berkaitan dengan keefektifan seluruh perangkat pembelajaran yang telah divalidasi dan diujicobakan kepada siswa kelas VIII SMP N 10 Mataram, dari data diperoleh nilai keterlaksanaan RPP yaitu sebesar 96,3% dengan kategori terlaksana sangat baik. Perolehan penilaian hasil belajar siswa dari aspek pengetahuan dilihat dari nilai pre-test dan pst-test yang kemudian diolah dengan menggunakan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,68 dengan kategori sedang. ketuntasan klasikal sebesar 91%. sedangkan untuk hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis terdapat kenaikan nilai N-gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Ketuntasan klasikal sebesar 76%.

Author Biography

Gita Nurmareta Sari, Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

staf pengajar di SMP N 10 Mataram

References

Arends, Richard I. (2008). Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Borich, G.D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. United States of America: Macmillan Publishing Company.

Ciftci, Sabahattin. (2015). The effect of using problem based learning in social studies education and student attitude toward social studies courses. Journal Procedia.

Dimyati dan Mudjiono, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Eldy, Folly, Elnetthra, Sulaiman, Fauziah.

(2013). The role of PBL in improving physics student creative thinking and its imprint on gender. International Journal of Education and Research. Vol. 1. No. 6. June 2013.

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. The University of Illinois: Prentice Hall Inc.

Fadhlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media.

Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gronlund, N.E. (1982). Constructing Achievement Test. USA: Prentice Hall Inc.

Hakke. (1999). Analyzing change/gain score (online). http:
www.physicindiana.edu/sdi. Analyzing change-gain.

Ibrahim, M dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah.
Surabaya: Unesa University Press

Ibrahim, M dan Wahyusukartiningsih. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.

Kardi, S. (2012). Pengantar Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mahboobeh. Haghparast. (2014). Cultivating critical thinking through e- learning environmental tools: a review. Procedia

Nasution.(2011). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif
Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Plomp, T. dan Nieven, N. (2007). An Intruduction to Educational Design Research. Shanghai: Normal University.

Ratumanan, T.G dan Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.

Richey, R.C. and Nelson, W. (2009). Development Research: Studies of Instructional Design and Development. Bloomington: The Association for Educational Communications and Technology.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RnD. Bandung: Alfabeta.

Published

2017-11-14

How to Cite

Sari, G. N. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TEMA PERAN DAN FUNGSI SUMBER DAYA ALAM. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p23-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1611 , PDF Downloads: 543