Application Catchy Word to Support Communication Skills Children with Autism Spectrum Disorder at ACT Surabaya
PDF (English)

Cara Mengutip

Alfita Sari, D., Jannah, B. A. N., Bintara, A. N., & Akbar, M. . Y. (2024). Application Catchy Word to Support Communication Skills Children with Autism Spectrum Disorder at ACT Surabaya. Jurnal Pena Indonesia, 10(3), 19–29. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/38198

Abstrak

Catchy Word adalah alat bantu visual berbasis kata yang dirancang untuk memfasilitasi proses komunikasi
komunikasi untuk anak-anak dengan disabilitas verbal. Anak-anak dengan ASD sering mengalami kesulitan
berkomunikasi secara efektif, yang dapat memengaruhi interaksi sosial dan
perkembangan sosial dan emosional mereka. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan guru di
ACT Surabaya, dan mengamati perkembangan komunikasi pada anak dengan ASD
yang menggunakan Catchy word. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Catchy Word membantu
meningkatkan kemampuan komunikasi verbal, namun kurang optimal dalam meningkatkan kemampuan
verbal anak dengan ASD, hal ini dikarenakan anak dengan ASD memiliki keterlambatan dalam
memberikan informasi. Catchy Word memberikan mereka alternatif untuk mengekspresikan
mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik. Penerapan metode ini juga mendorong peningkatan
partisipasi anak dengan ASD dalam kegiatan belajar dan bergerak. Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Catchy Word dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi
tantangan komunikasi pada anak dengan ASD.

PDF (English)

Referensi

Al Irsyadi, FY, & Rohmah, AN (2017). Utilization of Augmented Reality for Games Education for Autistic Children at Elementary School Level at Salatiga Smart House. Symmetry: Journal of Mechanical Engineering, Electrical Engineering and Computer Science,8(1), 91-98.

Bariyyah, K. (2018). Improving the Writing Ability Children Illustrated with INCLUSION: of Autistic Multisensory Alphabet. Journal Disability Studies, 5(1), 242. Hermawan, W., Afkar, T., Mardliyah, AA, & Jayanti, R. (2024). Media Development SAR (Augmented Reality Simulation) Learning to Improve Research Skills of Students with Needs.Journal of Special Education Research,5(1), 256-265.

Julianingsih, D., & Huda, A. (2022). Design and Construction of Communication Learning Media Autistic Children Based on Augmented Reality. Tambusai Education Journal,6(1), 1192-1201.

Mar'atullatifah, Y., Christian, YE, & Ilham Alisyahbana, M. (2024). LITERATURE REVIEW: AUGMENTED REALITY (AR) LEARNING MEDIA INNOVATION FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0.Scientific Development 3695-3702.

Rahmahtrisilvia. Media,19(02), (2015). Improving Communication Skills in Children Autistic Using Visual Support. Scientific Journal of Educational Sciences, 15(1), 128–136.

Syafrina, M., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Parental Support for Post-School Transition Education for Children with Autism Spectrum Disorders SLB Autism YPPA Padang. MSI Transaction on Education, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.46574/mted.v3i 1.76

Taryadi, T., & Kurniawan, I. (2017, August). Learning Autistic Children with the Method Picture Exchange Communication System (PECS) Based on Multimedia Augmented Reality. InNational Seminar on Medical Informatics (SNIMed) (pp. 29-34). Wicaksono, A. (2016). The Role of Audio Media in Improving the Quality of the Learning Process Short Story Appreciation Learning. Surakarta: LP2M IAIN Surakarta.