Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan bahasa pada artikel yang ditulis salah satu mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menerapkan metode analisis isi. Data yang menjadi sumber utama adalah kata-kata yang terdapat dalam artikel tersebut, yang menunjukkan adanya kesalahan berbahasa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca artikel yang menjadi objek analisis, dan selanjutnya mencatat bagian-bagian yang mengandung kesalahan berbahasa. Hasil dari penelitian ini ditemukannya beberapa kesalahan, kesalahan tersebut berupa tiga kesalahan penulisan huruf kapital, tiga kesalahan penulisan huruf miring, dua kesalahan penggunaan tanda baca, delapan kesalahan penulisan kata, dan satu kesalahan penulisan kata tidak baku. Semoga dari hasil penelitian ini penulis-penulis artikel dapat belajar dan memperbaiki hasil tulisannya sehingga menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Referensi
Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 146-156. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Edisi V.
Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Deepublish. Mu'in, F., Jumadi, J., & Noortyani, R. (2023). Antropolinguistik Kajian Bahasa dalam Perspektif Budaya.
Muzaki, H., & Darmawan, A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan Pada Kanal Youtube Fouly. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 55-62.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306- 319).
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Meningkatkan Untuk Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7.
Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Saddhono, K. sosiolingustik mahasiswa pembelajaran (2012). Kajian pemakaian bahasa asing dalam Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra, 24(2), 176-186