Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa pada artikel yang berjudul Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Gemolong. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik baca catat, dengan membaca artikel yang menjadi objek analisis, kemudian mencatat bagian-bagian yang mengandung kesalahan berbahasa.
Objek dari penelitian ini yaitu isi dari artikel Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Gemolong. Simpulan dari penelitian ini yakni, Masih terdapat beberapa kesalahan berbahasa yang perlu dicatat. Kesalahan pertama terkait dengan penulisan huruf kapital, yang kedua terkait dengan penulisan huruf miring, yang ketiga terkait dengan penggunaan tanda baca koma, dan yang keempat terkait dengan kesalahan penulisan kata. Fakta ini mengindikasikan bahwa artikel tersebut masih belum mematuhi kaidah-kaidah yang diatur dalam Ejaan Yang Disempurnakan edisi V, terutama dalam aspek penulisan bahasa, kata, dan penggunaan tanda baca.
Referensi
Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Edisi V
Effendi, E., Hajar, R., Mukaramah, N., Padang, A., & Alfriansyah, S. (2022). “Pengertian Artikel dan Editorial”. JURNAL EDUKASI NONFORM AL, 3(2), 367-372.
Fajriyani, N., Ridho, M. R., & Laili, Q. (2020). “Analisis Kesalahan Berbahasa Di Bidang Diksi Dalam Buku Panduan Upt Perpustakaan Iain Surakarta Edisi 2018”. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 55-68.
Markhamah dan Sabardila, A. (2014). “Analisis Kesalahan Berbahasa dan Karakteristik Bentuk Pasif”. Surakarta: UMS Press.
Muzaki, H., & Darmawan, A. (2022). “Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan Pada Kanal Youtube Fouly”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 55-62. Simorangkir, S. B., Wahyuni, R. S., Gusar, M. R. S., Rahmawati, Y., Setyorini, R., Hetilaniar, H., ... & Cahyawati, R. S. (2023). “ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA”