EFEKTIVITAS BAHAN PELATIHAN JURNALISTIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KEMAMPUAN PROSEDURAL BAGI SISWA SMP

Isi Artikel Utama

Arqoma Nurveda Carreza
Mustaji
Andi Mariono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan efektivitas bahan pelatihan jurnalistik digital untuk meningkatkan kompetensi sosial bagi siswa SMP dan (2) mendeskripsikan efektivitas bahan pelatihan jurnalistik digital untuk meningkatkan kemampuan prosedural bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif terhadap siswa dan guru dari enam SMP negeri di kabupaten Magetan. Data penelitian berupa dokumen dan hasil angket terhadap siswa dan guru. Teknik analisis menggunakan teknik reduksi data, sajian deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan  kompetensi sosial dan kemampuan prosedural siswa mengalami peningkatan dari pra kegiatan sampai pasca kegiatan. Berdasarkan hasil angket kompetensi sosial siswa menunjukkan kategori ‘selalu dilakukan’ berjumlah 64,17% menjadi 68,17%, ‘sering dilakukan’ berjumlah 28,75% menjadi 32,48%, ‘kadang-kadang’ berjumlah 15,62% menjadi 18,2%, ‘tidak pernah’ berjumlah 4,17% menjadi 18,2%. Hasil angket kemampuan prosedural siswa menunjukkan kategori ‘sangat tidak setuju’ berjumlah 4,17% menjadi 0%, ‘tidak setuju’ berjumlah 26,04% menjadi 10,92%, ‘setuju’ berjumlah 63,88% menjadi 77,25%, ‘sangat setuju’ berjumlah 11,67% menjadi 13,65%. Berdasarkan hasil angket tersebut diperoleh bahwa kompetensi sosial dan kemampuan prosedural siswa menjadi meningkat dari yang tidak dilakukan menjadi dilakukan dan dari yang belum memahami menjadi memahami.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurveda Carreza, A., Mustaji, & Mariono, A. . (2023). EFEKTIVITAS BAHAN PELATIHAN JURNALISTIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KEMAMPUAN PROSEDURAL BAGI SISWA SMP. Jurnal Pena Indonesia, 8(2), 79–93. https://doi.org/10.26740/jpi.v8n2.p79-93
Bagian
Articles