PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Yuniatin, A., & Vidya Asteria, P. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 37–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/18488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA madya terintegrasi kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Analyze (analisis) berisi analisis peneliti dari silabus, sumber belajar, dan kebutuhan pembelajar BIPA sebelum membuat rancangan bahan ajar. Design (perancangan) berisi rancangan bahan ajar yang berupa prototype bahan ajar, desain bahan ajar yang berupa desain sampul, dan header footer. Development (pengembangan) berisi draft awal dan draft hasil revisi. Format bahan ajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Bahan ajar ini disajikan terintegrasi kearifan lokal Jawa Timur dengan berfokus pada makanan khas Jawa Timur. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan dan kualitas bahan ajar. Data diperoleh dari instrumen penilaian oleh ahli pembelajaran BIPA. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Kualitas bahan ajar dapat dilihat dari hasil validator 1 diperoleh hasil presentase 83,7% dan validator 2 diperoleh hasil presentase 97,3%. Rata rata akhir dari validator 1 dan 2 adalah 90,55%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar terintegrasi kearifan lokal layak digunakan.

PDF (Bahasa Indonesia)