Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA madya terintegrasi kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Analyze (analisis) berisi analisis peneliti dari silabus, sumber belajar, dan kebutuhan pembelajar BIPA sebelum membuat rancangan bahan ajar. Design (perancangan) berisi rancangan bahan ajar yang berupa prototype bahan ajar, desain bahan ajar yang berupa desain sampul, dan header footer. Development (pengembangan) berisi draft awal dan draft hasil revisi. Format bahan ajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Bahan ajar ini disajikan terintegrasi kearifan lokal Jawa Timur dengan berfokus pada makanan khas Jawa Timur. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan dan kualitas bahan ajar. Data diperoleh dari instrumen penilaian oleh ahli pembelajaran BIPA. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Kualitas bahan ajar dapat dilihat dari hasil validator 1 diperoleh hasil presentase 83,7% dan validator 2 diperoleh hasil presentase 97,3%. Rata rata akhir dari validator 1 dan 2 adalah 90,55%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar terintegrasi kearifan lokal layak digunakan.
Referensi
Affandy, Sulpi. 2017. Penanaman Nilai Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Bandung. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/3391 .Diakses tanggal 31 Desember 2021
Anwar, Khoirul. 2021. Urgensi Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Tangerang. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/4183/pdf . Diakses tanggal 31 Desember 2021
Arumdyahsari, Sheilla dkk. 2016 .Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Malang.
Asteria, Prima Vidya. 2017. Pengenalan permainan tradisional Indonesia di kelas BIPA. Surabaya. https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1490 . Diakses tanggal 13 Januari 2022
Asteria. dkk. 2021. Aplication of the differentiated learning model in advanced bipa courses. Surabaya. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ijcah-21/125967569 . Diakses tanggal 13 Januari 2022
Fitriani, Rani Siti. 2019. model pembelajaran berbasis saintifik menggunakan alat peraga E pen Interaktif dengan muatan kearifan lokal pada era industri 4.0 untuk pengajaran BIPA di Uninus.
http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6263/2679 . Diakses tanggal 26 Desember 2021
http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/2187/1527 . Diakses tanggal 27 Desember 2021
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7228/4477 Diakses tanggal 14 November 2021
Junaidi, Febi dkk. 2017. Implementasi Pembelajaran Bipa Berbasis Budaya Sebagai Strategi Menghadapi Mea. Bandung. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1245 Diakses tanggal 31 Desember 2021
Kemendikbud, 2021. Capaian keberhasilan BIPA tingkatkan fungsi Bahasa Indonesia di kancah dunia. (online).https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/capaian-keberhasilan-bipa-tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia . Diakses tanggal 25 Desember 2021
Khaerunnisa dan Rochaeni. 2020. Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) tingkat madya B2 berbasis budaya banten. Jakarta
Kurnia, Tia Dwi dkk. 2019. Model Addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3 d pageflip. Cirebon
Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, Widodo., & Basuki, IA. 2017. Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 197-207.
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Medan. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.uinsu.ac.id/5341/1/PERENCANAAN%2520PEMBELAJARAN%2520PENGERTIAN%252C%2520TUJUAN%2520DAN%2520PROSEDUR.pdf&ved=2ahUKEwjVldPsgpX2AhWV7XMBHa9wAMIQFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw3vupXVmOg046f_MidM1VVK Diakses tanggal 31 desember 2021
Prasetiyo, Andika Eko. 2015. Pengembngan bahan ajar bermuatan budaya bagi penutur asing tingkat pemula. Semarang.https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8927/5850. Diakses tanggal 25 Desember 2021
Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Kencana
Purwiyanti, Y., Suwandi, S., & Andayani. 2017. Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Asal Filipina. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 6(2), 160–179.
Putri, Regina Budi Eka. 2019. Pengembangan Media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial. Semarang. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.unnes.ac.id/33778/2/2101415097_Optimized.pdf&ved=2ahUKEwjM85uji5f0AhWN7nMBHdlGA8cQFnoECAgQAQ&usg=AOvVaw15XQrh0C6QsoYNtGt8gp1Q Diakses tanggal 14 November 2021
Rahmawati, L. E., Suwandi, S.,Saddhono, K., & Setiawan, B. 2018. Prototype of Indonesian Reading Test for the Foreign Students.
Rohimah, Dya Fatkhiyatur. 2018. Internasionalisasi Bahasa Indonesia dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Malang.https://media.neliti.com/media/publications/283231-internasionalisasi-bahasa-indonesia-dan-93ba557a.pdf Diakses tanggal 25 Desember 2021
Siroj, Muhammad Badrus. 2015. Pengembangan model integratif bahan ajar bahasa indonesia ranah sosial budaya berbasis ict bagi peutur asing tingkat menengah. Semarang.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/11305/6800 Diakses tanggal 26 Desember 2021
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Utami, Dyah Ayu Fajar dan Laili Etika Rahmawati. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelajar BIPA Tingkat A1 https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/download/4747/2153 Diakses tanggal 25 Desember 2021