SIMULASI PENYIARAN RADIO DAN REPORTASE TELEVISI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MONOLOGIKA
PDF (English)

Cara Mengutip

Rahardi, R. K., Setyaningsih, Y., Pranowo, P., & Yudono, K. D. (2020). SIMULASI PENYIARAN RADIO DAN REPORTASE TELEVISI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MONOLOGIKA. Jurnal Pena Indonesia, 6(2), 55–70. https://doi.org/10.26740/jpi.v6n2.p55-70

Abstrak

Abstrak

Praktik berbicara kategori monologika dapat dilakukan dengan beragam cara, serta dilakukan dengan mengintegrasi penggunaan media teknologi, informasi, dan komunikasi. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan penilaian yang dilakukan dalam praktik berbicara monologika. Penelitian dilakukan bersama pelajar dan guru yang mengikuti perkuliahan pengembangan keterampilan berbicara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik berbicara monologika dilakukan dengan melakukan praktik simulasi penyiaran radio dan reportase televisi. Penilaian dilakukan dengan menyusun rubrik penilaian kinerja yang disusun berdasarkan aspek-aspek masing-masing praktik kegitan berbicara.

Kata kunci: berbicara, monologika, simulasi pembelajaran.

 

Abstract

 The practice of talking monologic categories can be done in a variety of ways, and is done by integrating the use of media technologies, information, and communication. Qualitative descriptive research is conducted in order to describe the learning and assessment processes conducted in the practice of speaking monologic. Research is conducted with students and teachers who follow the teaching skills development course.  Data collection is done with observation and interviews. Data analysis is done with three stages: data reduction, data presentation and withdrawal of conclusions. The results showed that the practice of speaking monologic was done by practicing radio broadcasting simulations and television reportage. The assessment was conducted by drafting a performance assessment section based on the aspects of each speech-related practice.

Keyword: talking, monologic, education simulation.

https://doi.org/10.26740/jpi.v6n2.p55-70
PDF (English)

Referensi

<p>Abdul Chaer, 2011. <em>Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>ASM, Romli. 2007. <em>Jadi penyiar itu asik lho! Broadcast for teen</em>. Bandung : Penerbit Nuansa.</p><p>Budiana, Nia. 2017. Keterampilan Berbicara: Desain Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching. <em>Jurnal Basindo UM Malang</em>, 23 (18).</p><p>Darsono, Tri. 2016. Membaca Internet, Membaca Digital. <em>Jurnal Pendidikan dan Kebahasaan, </em>5 (11).<em></em></p><p>Depdiknas RI. 2014.<em> Standar Kompetensi Nasional Bidang Penyiaran. </em>Jakarta Direktorat PSMK.</p><p>Dominic, Yoseph S, dkk. 1988. Broadcasting, Cable, Internet and Beyond<em>. Journal of Modern Electronic Media</em> <em>Mc Hill</em>, 2 (4).<em></em></p><p>Fred, Wibowo. 2012. <em>Teknik Produksi Siaran Radio</em>. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.</p><p>Hendrikus, Dori Wuwur. 2017. <em>Retorika, Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi</em>. Yogyakarta: Kanisius.</p><p>Keith, Michael C. 2013. Radio Programming, Consultancy and Formats. <em>DOVE: Journal of Public Speaking &amp; Media</em>, 4 (7).</p><p>Lanin, Ivan. 2016. <em>Xenoglosofilia, Kenapa Harus Nginggris?</em>. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.</p><p>Masduki, Soejanto. 2015. Membentuk <em>Broadcaster</em> Muda untuk Jenjang Sekolah Menengah Atas. <em>Profetik</em>, 3 (8).</p><p>Miles,M.B., Huberman,A.M. 2014. <em>Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3</em>. USA: Sage Publications.</p><p>Mustakim. 2014. <em>Membina Kemampuan Berbahasa</em>. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.</p><p>Rusman dkk. 2011. <em>Pembelajaran Bahasa Kontekstual Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi</em>. Bandung: Rajawali Pres.</p><p>Sheldon, Pavica. 2015. Televisi, Radio, Social Media, Principles and Applications for Society. <em>Vikalpa Communication and Media Journal</em>, 37 (4).</p><p>Shoimin, Aris. 2017. <em>68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Sudaryanto. 2015. <em>Metode dan Teknik Analisis Bahasa</em>. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.</p><p>Syaefurrahman, Al Banjary. 2012. Modul Pembelajaran Reportase dan Produksi Berita Televisi, <em>Jurnal Komunikasi dan Media Massa</em>, 8 (3).</p><p> </p>