PENGARUH TONTONAN BERBAHASA INGGRIS DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA ANAK UMUR TUJUH TAHUN
PDF (English)

Cara Mengutip

Fardischa, A. (2020). PENGARUH TONTONAN BERBAHASA INGGRIS DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA ANAK UMUR TUJUH TAHUN. Jurnal Pena Indonesia, 6(1), 51–61. https://doi.org/10.26740/jpi.v6n1.p51-61

Abstrak

Pemerolehan sebuah bahasa tidak dengan begitu saja dapat dimiliki dari lahir. Terdapat sebuah proses dan tahapan dalam pemerolehan sebuah bahasa. Bahasa diperoleh karena adanya faktor latihan yang terus menerus. Seseorang yang telah memiliki bahasa ibu memungkinkan untuk memiliki bahasa kedua (B2) yang digunakan sebagai alat komunikasi berdampingan dengan bahasa pertama. Pemerolehan bahasa kedua dapat dieroleh melalui pengaruh dari lingkungan atau kegiatan yang dilakukan secara terus menerus. Penelitian ini akan memaparkan bagaimana pengaruh media sosial YouTube memperngaruhi pemerolehan bahasa kedua seorang anak perempuan yang berusia tujuh tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penjelasan berupa deskriptif. Hasil yang dari penelitian ini menemukan bahwa kemampuan bahasa kedua berbahasa Inggris yang dimiliki subjek terlihat dari pemahamannya mengenai film yang ia saksikan. Penguasaannya terhadap bahasa kedua juga dapat terlihat pada kemampuan subjek menyebutkan benda-benda disekelilingnya serta mengetahui nama-nama hari dengan menggunakan bahasa Inggris.

https://doi.org/10.26740/jpi.v6n1.p51-61
PDF (English)

Referensi

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soejono. 2018. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Hendriyanto, Agus dan Nimas Permata Putri. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Bahasa. Surakarta: Cakrawala Media.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional (Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Rahardjo, Mudjia. 2002. Pengantar Penelitian Bahasa. Malang: Cendekia Paramulya.
Sebayang, Sri Kurnia Hastuti. œAnalisis Pemerolehan Bahasa Pertama (Bahasa Melayu) pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Pena Indonesia. Vol. 4. No. 1. 2018
Sudarwati, Emy. Dkk. Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Suroso, Eko. 2014. Psikolinguistik. Yogyakarta: Ombak.
Suryabrata, S. 2012. Metodelogi Penelitian Deskripstif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.