Pemahaman terhadap Penggunaan Imbuhan di- pada Kalangan Masyarakat
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Zuhrufunnisa, N. (2024). Pemahaman terhadap Penggunaan Imbuhan di- pada Kalangan Masyarakat: Kajian Linguistik. Jurnal Pena Indonesia, 10(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/24162

Abstract

This study aims to analyze people's understanding of distinguishing between di- as a prefix and di- as a preposition. The method used in this study is a quantitative method with a survey research process using questions. The population in this study is all people and is not determined by age. Based on 41 respondents, the results of the analysis show that the percentage of correct answers to all questions is 73.6% and the percentage of wrong answers to all questions is 26.3%. It can be concluded that the cause of errors in the use of di- affixes in the community is caused by ignorance of language structures, standard word systematics, and little awareness of the use of good and correct Indonesian.


Keywords: affixes, language structure, people understanding, prefix, preposition

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Abdullah, K. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Penerbit Muhammad Zaini. Diakses pada 02 Juni 2023 melalui (PDF) METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (researchgate.net).

Aminuddin. 2011. Semantik (Pengantar Studi Tentang Makna). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Firnama, Nita dan Aryanti. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Tugas Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IPA 1 SMA 5 Negeri Maros. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (2), 55–62.

Ikhsan, Tauhid. (2022). Kesalahan Penggunaan Afiksasi pada Artikel Berita di Laman tangerangnews.com. Prosiding Seminal Nasional. 3 (1). KBBI. 2016. Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nanda, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya. Diakses pada 02 Juni 2023 melalui Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya - Portal Belajar & Latihan Soal Terlengkap | Blog Brain Academy.

Nuaeni, I. (2020). Pengaruh Pengalaman Bisnis dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI. Diakses pada 02 Juni 2023 melalui S_PEA_1600134_CHAPTER 3.pdf (upi.edu).

Ramlan, M. 1987. Morfologi (Suatu Tinjauan Deskriptif). Yogyakarta: C.V.

Karyono. Salma. (2023). Populasi dan Sampel: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh. Diakses pada 02 Juni 2023 melalui

Populasi dan Sampel: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh (penerbitdeepublish.com).

Suhendar, E dan Supinah, P. (1997). MKDU Bahasa. Bandung: C.V. Pionir Jaya.

Sulastriana, Eva dan Dewi Leni Mastuti. (2022). Implementasi Prefiks dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Bahasa. 11 (2), 371 – 387.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3 (2), 183-190. Diakses pada 02 Juni 2023 melalui 4259-8470-2-PB.pdf.

Tarigan. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.