KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM KONTEKS NEGOSIASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
PDF (English)

Cara Mengutip

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM KONTEKS NEGOSIASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.26740/jpi.v4n1.p1 - 23

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa oleh siswa Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiopragmatik. Data berupa tuturan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan teknik rekam, simak, bebas, libat, cakap. Teknik analisis data dengan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pematuhan maksim kebijaksanaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, maksim penghargaan, dan maksim kesimpatian. Derajat kesantunan yang muncul mematuhi skala ketidaklangsungan, skala rugi-untung, dan skala keopsionalan. Siswa juga melanggar maksim kebijaksanaan, maksim kesederhanaan, maksim penghargaan, dan maksim permufakatan. Skala kesantunan yang dilanggar yakni skala ketidaklangsungan, skala rugi-untung, dan skala keopsionalan. Pematuhan kesantunan berbahasa siswa dapat dijadikan bahan ajar materi teks negosiasi Bahasa Indonesia.

Kata kunci: pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa, interaksi kelas, negosiasi.

Abstract

This study aims to describe the form of students compliance and violation of the politeness principle. The method used is descriptive qualitative research method with sociopragmatic approach. Data in the form of students' speech in the learning process of Indonesian language. Technique of data collecting through recording technique with free listening method (SBLC). Data analysis technique with interactive models through data collection, data reduction, data analysis, and drawing conclusions. The results show that there is tact maxim, modesty maxim, agreement maxim, approbation maxim, and sympathy maxim. The degree of politeness that appears to abide by indirectness scale, cost-benefit scale, and optionality scale. The students also violates the tact macim, modesty maxim, approbation maxim, and agreement maxim. Violation scales are the indirectness scale, cost-benefit scale, and optionality scale. The compliance of students' language politeness can be used as material for learning the Indonesian negotiation text.

Keywords: compliance and violation of politeness, classroom interaction, negotiation.

https://doi.org/10.26740/jpi.v4n1.p1%20-%2023
PDF (English)

Referensi

DAFTAR PUSTAKA
Bogdan, Robert dan Steven J. Taylor. 1992. Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif (ed: Arief Furchan). Surabaya: Usaha Nasional.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan: Edisi ketiga (Terj. Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gusriani, Nuri, Atmazaki, dan Ellya Ratna. 2012. œKesantunan Berbahasa Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 2 Lintau Buo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (1), 287-295.
Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik (terj. Oka). Jakarta: UI Press.
Lewicki, Roy J, Bruce Barry, dan David M. Saunders. 2013. Negosiasi (terj. M. Yusuf Hamdan). Jakarta: Salemba Humanika.
Lomas, Brian. 2008. Kiat Sukses Bernegosiasi (terj. Eddy Zainury). Jakarta: Ina Publikatama.
Low, Patrick Kim Cheng dan Sik-Liong Ang. 2011. œInformation Communication Technology (ICT) for Negotiations. Journal of Research in International Business and Management. 1 (6), 183-196.
Lumumba, Patrice. 2013. Negosiasi dalam Hubungan Internasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: UMS Press.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Rahardi, Kunjana. 2009. Pragmatik: Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga: Jakarta.
Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sujanto. 2000. Keterampilan Berbahasa Membaca-Menulis-Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Sumarlam, Pamungkas, S., dan Susanti, R. 2017. Pemahaman dan kajian Pragmatik. Surakarta: Bukukatta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.