PENERAPAN MODEL EMBODIED LEARNING DENGAN METODE FLYING BOARD (FB) PADA MATA KULIAH MENULIS KREATIF MAHASISWA BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Kata Kunci

flying board
bahasa indonesia
menulis kreatif

Cara Mengutip

Rizmada, & Ani Wijiati, I. (2023). PENERAPAN MODEL EMBODIED LEARNING DENGAN METODE FLYING BOARD (FB) PADA MATA KULIAH MENULIS KREATIF MAHASISWA BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 49–59. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/18489

Abstrak

Pembelajaran berbasis sastra seperti menulis puisi, selama ini masih kurang membangkitkan minat siswa. Maka dari itu, dalam mata kuliah menulis kreatif, mahasiswa perlu dibekali metode-metode yang menarik untuk kemudian dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inonesia di sekolah. Ole karena itu pembelajaran menulis puisi memerlukan metode yang tepat dalam penyampaiannya sehingga siswa termotivasi untuk dapat menulis puisi dengan baik. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mengenai metode baru bernama Flying Board (FB). Dalam penelitian ini dideskripsikan hasil penerapan metode FB, kekurangan dan kelebihannya dan perbaikan yang perlu dilakukan. Metode ini menggunakan teknik menulis puisi dengan melipatnya dalam bentuk pesawat dan secara sambung menyambung ditulis secara bergantian oleh peserta didik. Metode ini menunjukkan hasil yang bagus dalam proses penerapannya dan hasil penilaian akhir tugas menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai mahasiswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan metode Flying Board adalah 89,14. Metode ini juga menumbuhkan semangat belajar mahasiswa, memunculkan jiwa kompetisi, dan memacu mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi menulis puisi.

Referensi

Alfian, Rokhmansyah. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ganie, Tajuddin Noor. 2015. Buku Induk Bahasa Indonesia Pantun, Puisi, Syair, Peribahasa, Gurindam dan Majas. Yogyakarta: Araska

Hamalik, 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara

Mustakim. 1994. Membina Keterampilan Berbahasa : Panduan Kearah Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Panagiotis Kosmas , Andri Ioannou and Panayiotis Zaphiris. 2018. Implementing Embodied Learning in The Classroom: Effects on Children’s Memory and Language Skills. EDUCATIONAL MEDIA INTERNATIONAL https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1547948

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi (Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmanto, B. 1989. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Yunus, Syarifudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia