Abstract
Pembelajaran berbasis sastra seperti menulis puisi, selama ini masih kurang membangkitkan minat siswa. Maka dari itu, dalam mata kuliah menulis kreatif, mahasiswa perlu dibekali metode-metode yang menarik untuk kemudian dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inonesia di sekolah. Ole karena itu pembelajaran menulis puisi memerlukan metode yang tepat dalam penyampaiannya sehingga siswa termotivasi untuk dapat menulis puisi dengan baik. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mengenai metode baru bernama Flying Board (FB). Dalam penelitian ini dideskripsikan hasil penerapan metode FB, kekurangan dan kelebihannya dan perbaikan yang perlu dilakukan. Metode ini menggunakan teknik menulis puisi dengan melipatnya dalam bentuk pesawat dan secara sambung menyambung ditulis secara bergantian oleh peserta didik. Metode ini menunjukkan hasil yang bagus dalam proses penerapannya dan hasil penilaian akhir tugas menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai mahasiswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan metode Flying Board adalah 89,14. Metode ini juga menumbuhkan semangat belajar mahasiswa, memunculkan jiwa kompetisi, dan memacu mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi menulis puisi.