FANTASI DAN SPIRITUALITAS DALAM FILM OVER THE MOON
PDF

Kata Kunci

Fantasi
Spiritualitas
dan Film

Cara Mengutip

Budi, N. K. (2022). FANTASI DAN SPIRITUALITAS DALAM FILM OVER THE MOON. Jurnal Pena Indonesia, 7(2), 15–32. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/12144

Abstrak

Taoisme adalah filsafat yang mengimbau kehidupan harmonis antara manusia dengan alam semesta. Taoisme memercayai keberadaan makhluk supernatural, seperti Dewi Bulan Change. Keberadaan dan cerita Change digambarkan dalam film Over the Moon. Film ini akan dianalisis dengan menyoroti keterkaitan antara fantasi dengan spiritualitas, terutama melalui tokoh Fei Fei. Dalam menganalisis permasalahan ini, penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang dipadukan dengan teori sinematografi Joseph M. Boggs dan Dennis W. Petrie, teori semiotika Roland Barthes, dan konsep spiritualitas Agus M. Hardjana. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keterkaitan antara fantasi dengan spiritualitas melalui tokoh Fei Fei. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fantasi dapat berperan sebagai pelarian dari realitas sehari-hari, serta menunjukkan bentuk spiritualitas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepercayaan terhadap Tuhan tidak dapat diukur dengan menggunakan akal manusia, karena kepercayaan berada di dalam diri manusia.

PDF

Referensi

Andalas, E. 2017. Eskapisme Realitas dalam Dualisme Dunia Alice Telaah Psikologi-Sastra Film Alice in Wonderland. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 3(2).

Ayuningtyas, G. dan Tjahjani, J. 2020. Children’s Fantasy and Moroccan Social Issues in Francophone Film. Proceedings of the Third International Seminar on Recent Language, Literature, and Local Culture Studies.

Barthes, R. 1983. Mythologies. New York: Hill and Wang.

Boggs, J. M. dan Petrie, D. W. 2018. The Art of Watching Films. New York: The McGraw-Hill Companies.

Collier, I. D. 2011. Mitologi Cina. Terjemahan oleh Nurul Afifah. Depok: Oncor.

Eng, K. B. 2014. A Simple Approach to Taoisme. Singapore: Patridge Singapore.

Fahmi, M. E. 2017. Fantasy Chronotope in Two Animated Children’s Films: Walt Disney’s Alice in Wonderland (1951) and Hayao Miyazaki’s Spirited Away (2001). CSCanada: Studies in Literature and Language 14(1).

Fox, R. 2017. Chang’e and the Moon a Contemporary Chamber Opera (Tesis). Sydney: The University of Sydney.

Hardjana, A. M. 2011. Religiositas, Agama, dan Spiritualitas. Yogyakarta: Kanisius.

Jackson, R. 2009. Fantasy the Literature of Subversion. London: Methuen.

Yonghao, Y. 2018. Admiring American Fantasy Movies by Beauty and Beast. Proceedings of 8th International Conference on Social Science and Education Research 238.

Yu-Lan, F. 2017. Sejarah Filsafat Cina. Terjemahan oleh John Rinaldi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.