PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA 4 TAHUN (STUDI KASUS KENZO ALVARO)
PDF

Kata Kunci

Pemerolehan Bahasa
Pemerolehan Bahasa Kedua
Nomina Warna
dan Numeralia Dasar.

Cara Mengutip

Devista, J. R. (2021). PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA 4 TAHUN (STUDI KASUS KENZO ALVARO). Jurnal Pena Indonesia, 7(1), 45–57. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/11380

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini akan menganalisis bagaimana pengaruh tayangan televisi terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak yang menyaksikan tayangan tersebut. Penelitian ini muncul karena peneliti memandang fenomena pemerolehan bahasa kedua atau B2 anak yang penulis teliti ini cukup unik, ditambah lagi dengan kegemarannya menonton tayangan kartun yang juga berbahasa Inggris. Pengaruh tayangan televisi terhadap pemerolehan bahasa Inggris anak inilah yang akan menjadi fokus penelitian kali ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan peneliti menggunakan teknik wawancara, dan melihat bagaimana tanggapan responden dalam penelitian ini, yakni Kenzo Alvaro. Wawancara dilakukan dengan responden tidak mengetahui bahwa dirinya sedang dalam proses wawancara, sehingga respons-respons yang diberikan adalah respons yang natural. Hasil penelitian ini adalah responden dapat menyebutkan nomina warna serta dapat pula menyebutkan numeralia dasar dalam bahasa Inggris dengan baik. Namun, responden cenderung lama saat menyebutkan nomina warna tersebut dalam bahasa Indonesia, sedangkan cenderung cepat saat menyebutkan numeralia dasar dalam bahasa Indonesia jika diminta.

Kata Kunci : Pemerolehan Bahasa, Pemerolehan Bahasa Kedua, Nomina Warna, dan Numeralia Dasar.

PDF

Referensi

<p><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p><p>Chaer, Abdul. 2008. <em>Morfologi Bahasa Indonesia</em>. Jakarta: PT Rineka Cipta.</p><p>Finoza, Lamuddin. 2002. <em>Komposisi Bahasa Indonesia</em>. Jakarta: Diksi Intan Mulia.</p><p>Newman, W. Lawrence. 2013. <em>Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif</em>. VII. Jakarta: PT Indeks.</p><p>Nuryani, and Dona Aji Karunia Putra. 2013. <em>Psikolinguistik</em>. Ciputat: Mazhab Ciputat.</p><p>Pateda, Mansoer. 1990. <em>Aspek-Aspek Psikolinguistik</em>. Yogyakarta: Nusa Indah.</p><p>Poerwandari, E. Kristi. 1998. <em>Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian</em>. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fakultas Psikologi UI.</p><p>Sudarwati, Emy, Widya Caterine Perdhani, and Nia Budiana. 2017. <em>Pengantar Psikolinguistik</em>. Malang: Universitas Brawijaya Press.</p><p>Sugiyono. 2010. <em>Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Suhartono. 2005. <em>Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini</em>. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.</p>