PEMARTABATAN BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI JARGON DI MEDIA ELEKTRONIK
PDF

Kata Kunci

jargon
pemartabatan bahasa
pandemi Covid-19

Cara Mengutip

Indrawati, D. (2022). PEMARTABATAN BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI JARGON DI MEDIA ELEKTRONIK. Jurnal Pena Indonesia, 7(2), 1–14. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/11178

Abstrak

Tulisan ini mengaji jargon pandemi Covid-19 yang ada di media massa elektronik.  Selama masa pandemi Covid-19, semua media, khususnya media elektronik memberitakan kondisi pandemi Covid-19.  Dalam pemberitaan itu, muncul fenomena kebahasaan yang disebut jargon.  Penelitian ini menjadi bentuk, pola pembentukan, dan penggunaannya di media massa elektronik dihubungkan dengan pemertahanan bahasa Indonesia.  teori yang digunakan adalah teori variasi bahasa khususnya sosiolek.  Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak bebas libat cakap, metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan dan metode agih.  Hasil penelitian ini adalah ada jargon yang berbentuk kata (akronim dan singkatan), frasa, dan klausa.  Penggunaan jargon Covid-19 di media massa elektronik di awal pandemi, lebih dominan jargon berbahasa asing, tetapi dalam perkembangannya jargon berbahasa Indonesia lebih banyak digunakan.  Ada peraturan menteri kesehatan untuk mengubah jargon berbahasa asing menjadi jargon berbahasa Indonesia.  Hal ini menunjukkan bahwa di masa pandemi ini, upaya pemartabatan bahasa Indonesia tetap dilaksanakan oleh semua pihak, khususnya oleh media massa elektronik sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam memartabatkan bahasa Indonesia.

PDF

Referensi

Allan, Keith dan Burridge kate. 2006. Forbidden: Taboo and the Censoring of Language. Cambrige University Press.

Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Kridalaksana. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.