KEMAMPUAN PENGGUNAAN STRUKTUR BERPIKIR DAN PIRANTI KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X DI KOTA MATARAM
PDF

Kata Kunci

produces
texts
genres
literature
anecdotes produces
texts
genres
literature
anecdotes

Cara Mengutip

Adha, I., Mahsun, & Mahyudi, J. (2021). KEMAMPUAN PENGGUNAAN STRUKTUR BERPIKIR DAN PIRANTI KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X DI KOTA MATARAM. Jurnal Pena Indonesia, 7(1), 67–82. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/10664

Abstrak

This study aims to measure the ability of class X students in the city of Mataram in producing anecdotal texts in Indonesian language learning. The research data collection was carried out by the method of observation and documentation with the technique of free competency involvement. The analysis of the research was carried out qualitatively and quantitatively by connecting the intralingual equivalent method of link-to-equalize, connect-to-differentiate, and link-to-equalize the main things for secondary education students in the city of Mataram and to smooth the course of the research 113 students were selected as samples. provided that all students have received the same learning. The results showed that the students' ability in producing anecdotal literary genre texts ran quite well. This research was conducted to see the results of students 'writing skills at the intermediate level and is expected to be successful in helping improve students' writing skills in producing texts.

PDF

Referensi

Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gadjam Mada Press.

Irwansyah.2018. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X MAN 1 Bima dalam Memproduksi Teks Anekdot dengan Pendekatan Saintifik. Tesis: Universitas Mataram

Kumalasari, Selviana Putri. 2018. Pembelajaran keterampilan Menuis Teks Anekdot (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2016-2017). Tesis: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks.Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Miftah, Mohammad dan Kartika Candra D. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kompetensi Teks Anekdot Bertemakan Konflik Sosial Dikalangan Remaja. Kwangsan, vol 4, no 2, edisi Desember 2016 Hlm 81-94

Moleong, J. Lexi. 2012. Meodelogi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA

Pinanka, Theresia.2016. Analisis Teks dan Konteks pada Wacana Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Wiratno, Tri. 2014. Jenis-jenis Teks (Peningkatan Kompetensi terhadap Kurikulum 2013 bagi Tenaga Teknis Badan Bahasa dan Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia). Jakarta: Badan Bahasa.

Simanungkalit, Kaleb E.2017. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot dengan Model Problem Based Learning (PBL) dan Penggunakan Media Gambar Karikatur di Kelas X MM 3 SMK Negeri 1 Gondang.Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sudjiono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsuddin, dan Damaianti, S Vismaia. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. PT REMAJA ROSDAKAYA: Bandung.

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta