Penerapan Model Mind Mapping Menggunakan media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 5 Pada Siswa Kelas IV SD 02 Megawon

Authors

  • Mayalinda Siska Harwanti Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p7-12

Keywords:

Mind Mapping, Flash Card, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan Penerapan Model Mind Mapping menggunakan media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar materi Pahlawanku dan Pancasila Kelas IV tahun 2019/2020 di SD N 02 Megawon Kudus, Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Tanggart meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) Pelaksaan Tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Mind Mapping. Variabel terikat hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar tema 5, hasil belajar di di siklus I yaitu dengan presentase sebesar (40%) kemudian mengalami peningkatan siklus II sebanyak (60%). Aktivitas siswa siklus I yaitu dengan presentase sebesar (80%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II presentase sebesar ( 95%).  Peningkatan tersebut  didukung ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I yaitu dengan presentase sebesar  (76,78%) kemudian mengalami peningkatan di siklus II  sebanyak (83,9%). Model Mind Mapping menggunakan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 5 kelas IV SD N 02 Megawon.

References

A.Ubaedillah& Abdul Rozak. 2013 . Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Pancasila,demokrasi, hak asasi manusia dan masyarakat madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.
Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arifin Zaenal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. 2014. Evaluasi pembelajaran. Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. 2014. Evaluasi Pembealajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Akbar, Sriwijaya. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran IPS. Yogyakarta.: Cipta Media.
Aqib Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Ardiyanti, Ulya, dkk. 2018. Pakem dalam Kurikulum 2013. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Anggi Anggraeni. 2016.Pahlawanku: buku guru (Buku tematik terpadu kurikulum 2013). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Anggi Anggraeni. 2016.Pahlawanku: buku siswa (Buku tematik terpadu kurikulum 2013). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Buzan Tony. 2008. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta : PT. Gramdeia, Jakarta.
Shomin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahyuningati, N. 2020. Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. IV (1), 39-46

Published

2022-12-25
Abstract views: 443 , PDF Downloads: 347